Siap Bantu Wajib Pajak, Pengurus AKP21 Sumbar Dikukuhkan

 Ketua Umum AKP2I pusat Suherman Saleh menyerahkan petaka kepada Ketua AKP2I Sumbar, Asril (rahmat zikri)
Ketua Umum AKP2I pusat Suherman Saleh menyerahkan petaka kepada Ketua AKP2I Sumbar, Asril (rahmat zikri)

PADANG – Pengurus Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP2I) Sumbar dikukuhkan di Hotel Kriyad Bumiminang, Jalan Bundo Kanduang, Padang, Selasa (1/11).

Mereka yang dilantik Ketua Umum AKP2I pusat Suherman Saleh itu yakni, Asril sebagai ketua, Syamsul Bahri Tanjung (sekretaris) dan Azwardi Dt Sinaro (bendahara).

Acara yang juga dihadiri sejumlah wajib pajak itu juga dirangkaikan dengan seminar dengan tema “Dampak Amnesti Pajak Terhadap Laporan Keuangan dan SPT Tahunan PPh”, dengan narasumber Riza Noor Karim.

Dalam seminar itu Suherman Saleh juga mengingatkan wajib pajak yang tidak ikut dalam program pengampunan pajak, otoritas terkait akan mencari data hartanya.

“Jika ditemukan harta WP yang tidak ikut program amnesty pajak tanpa dilakukan pemeriksaan akan dikeluarkan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar (SK­PKB) dan dikenakan sanksi 200 persen. Untuk itu lebih bagus mengikuti program tersebut. “Bagus ungkap, tebus dan lega jika kita memiliki harta baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” katanya.

Setelah masa pengampunan pajak berakhir, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menemukan harta WP yang ikut program TA, namun belum dilaporkan harta tersebut, akan diperhitungkan sebagai tambahan penghasilan.

Sedangkan untuk pengurus yang telah dilantik diharapkan dapat menjalankan fungsi AKP2I dan mengembangkannya ke cabang di kabupaten dan kota yang ada di Sumbar. Peran konsultan pajak untuk akan mendorong wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya, terlebih setelah diberlakukannya program pengampunan pajak oleh pemerintah.

“Konsultan yang memberikan pendampingan harus berkompeten dan memiliki sertifikasi. Disitulah peran AKP2I, agar wajib pajak tidak dirugikan,” lanjutnya.

Pihaknya menargetkan tiga bulan ke depan akan berdiri Wisma AKP2I di Jalan Koto Marapak, Padang sebagai kelas kursus bagi konsultan pajak. Pelantikan pengurus AKP2I Sumbar merupakan yang keempat di Sumatera, setelah sebelumnya berdiri di Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Sedangkan Ketua AKP2I Sumbar yang baru dilantik, Asril mengatakan pihaknya segera membentuk cabang di kabupaten dan kota yang ada di Sumbar, untuk memaksimalkan layanan kepada wajib pajak di Ranah Minang ini.(rahmat)