Spanyol Cukur Makedonia Empat Gol Tanpa Balas

Timnas Spanyol. (*)
Timnas Spanyol. (*)

GRANADA – Timnas Spanyol berhasil melanjutkan tren positif pada kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Bertemu Makedonia di Estadio Nuevo Los Carmenes, Minggu (13/11/2016), armada Julen Lopetegui berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-0.

Meski tampil dengan skuad pincang, nyatanya Spanyol masih sanggup untuk memainkan sepakbola menyerang.  Namun tim tamu langsung membalas dua menit kemudian.

Tuan rumah bereaksi cepat. Melalui serangan balik, Morata hampir membuka keunggulan tuan rumah saat mendapat bola liar di depan gawang Makedonia. Sayang pemain Real Madrid itu gagal menaklukan Alksovski saat berhadapan satu lawan satu.

Tuan rumah Spanyol akhirnya sukses memecah kebuntuan di menit 35. Namun gol tersebut merupakan hadiah dari bunuh diri yang dilakukan Velkoski yang salah mengantisipasi umpan yang dilepaskan Dani Carvajal.

Spanyol langsung menggebrak melalui Morata di awal babak kedua. Saling jual beli serangan pun menghiasi babak kedua. Namun hingga menit 60, kedudukan masih tetap 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Spanyol akhirnya berhasil mencetak gol kedua pada pertandingan kali ini tepatnya di menit 64. Vitolo sukses menyundul bola liar hasil umpan tarik yang diberikan Silva dari sisi kiri penyerangan La Furia Roja untuk membawa tuan rumah unggul 2-0.

Memasuki menit-menit akhir babak kedua, Spanyol berhasil menambah keunggulan mereka atas tamunya, Makedonia menjadi 3-0. Kali ini giliran Monreal yang mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan lambung Carvajal di menit 84.

Hanya berselang satu menit, La Furia Roja kembali mencetak gol ke gawang Makedonia yang sekaligus mengubah kedudukan jadi 4-0. Masuk sebagai pemain pengganti, Aduriz sukses mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan terobosan Silva.

Hingga pertandingan usai, Spanyol sukses menjaga keunggulan 4-0 mereka atas Makedonia. Hasil tersebut sekaligus mengukuhkan La Furia Roja sebagai pemuncak klasemen sementara Grup G dengan 10 poin. (lek)

agregasi okezone1