Stoke Paksa Man United Berbagi Angka di Old Trafford

Allen (90min.com)
Allen (90min.com)

MANCHESTER – Sempat unggul lebih dulu di babak pertama, Manchester United harus puas mendapatkan sebiji poin saat bermain di kandang sendiri, pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (2/10). Menjamu Stoke City, Man United ditahan imbang 1-1.

Gebrakan tuan rumah sudah bikin ketar-ketir tim tamu di menit ketiga. Melalui passing mendatar Paul Pogba, Zlatan Ibrahimovic coba menyelesaikan peluang yang sayangnya, diselamatkan dengan brilian oleh Lee Grant di bawah mistar Stoke.

Tidak hanya itu, bola muntahan dari halauan Grant sempat coba disepak kembali yang kali ini, bisa ditepis Grant hingga hanya berbuah tendangan pojok.

Meski laga berjalan cepat, peluang baru kembali terjadi di menit ke-15. Tim tamu menyengat balik lewat kans emas Wilfried Bony.

Pemain pinjaman dari Manchester City itu gagal mengarahkah bola ke sasaran, meski tinggal berhadapan dengan David de Gea. Bola dari umpan Joe Allen itu dibuang Bony saat arah bola melayang jauh.

Fans Man United yang memenuhi Old Trafford, dibuat terdiam oleh aksi heroik Grant. Kiper Stoke itu menyelamatkan gawangnya dari kebobolan dengan luar biasa. Di menit ke-23, Juan Mata melayangkan tembakan lambung saat Grant berada di luar sarang. Tapi Grant mampu kembali dengan cepat dan membuang bola.

Hasil tembakan pojok pascapeluang itu juga nyaris membuka gol. Tapi umpan pojok Daley Blind yang ditanduk Pogba masih keluar dari sasaran.

Setelah Ibra dan Pogba, kini giliran Lingard yang dibikin gigit jari oleh Grant. Kiper pinjaman dari Derby County berusia 33 tahun itu mengandaskan tembakan jarak dekat Lingard hasil dari umpan silang Ibra di menit ke-28.

Di menit 44 jelang jeda, Pogba melakukan rebound setelah Bruno Martins Indi gagal menyapu bola dengan sempurna. Lagi-lagi bola masih melenceng dan Man United gagal memecah kebuntuan 0-0 di babak pertama.

Pada babak kedua, The Potters (julukan Stoke) berbalik memberi perlawanan di babak kedua. Saat kick-off interval lanjutan baru berjalan tiga menit, umpan Xherdan Shaqiri coba disundul Martins Indi yang sayangnya masih bisa dinetralisir David de Gea.

Lagi, peluang untuk tim tamu di menit ke-56. Kombinasi Shaqiri, Joe Allen dan Marko Arnautovic membuahkan peluang gol. Tapi sialnya satu kesalahan Allen di kotak penalti membuat De Gea mampu melakukan intercept nan genting.

Seisi Theatre of Dreams (sebutan markas Man United) akhir bergemuruh di menit ke-69. Anthony Martial yang masuk menggantikan Lingard sebelumnya, menceploskan bola deras ke gawang Grant setelah menerima assist Wayne Rooney. 1-0 sementara untuk tuan rumah.

Kejebolan gol pembuka Man United, bukan berarti membuat penampilan Grant langsung terpuruk. Di menit ke-73, Grant masih bisa melakukan penyelamatan gemilang atas penyelesaian Ibra.

Malah, Stoke sanggup menyamakan skor! Di menit ke-82, terjadi situasi kemelut di kotak penalti Man United. Bola liar bak permainan pinball itu tak pelak dimanfaatkan Allen. Eks gelandang Liverpool itu menyontek bola masuk ke gawang De Gea. Skor 1-1.

Jelang laga bubar, Pogba coba menerima umpan sayap yang gagal dieksekusi. Bola yang masih melintas di kotak penalti gagal disambar ke sarang Stoke dan hanya membentur mistar di menit ke-89. Itu jadi peluang terakhir dan Man United harus puas ditahan imbang 1-1 oleh Stoke.(aci)

agregasi okezone1