Sumbar jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik Nasional

PADANG – Sumatera Barat berhasil menjadi pemenang kompetisi pariwisata halal nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata.

Dari 15 kategori kompetisi yang dilombakan, Sumbar sukses memenangi 4 kategori. Sama dengan Provinsi Nusa Tenggara (NTB) yang juga berhasil mengantongi 4 kategori. Selebihnya, hanya di bawah itu.
“Dari pengumuman hasil kompetisi pariwisata halal nasional 2016 yang diumumkan sore tadi, alhamdulillah kita memenangi 4 kategori,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rabu (21/9).

Empat kategori yang berhasil dimenangi tersebut antara lain:
1. Destinasi Wisata Halal Terbaik.
2. Destinasi kuliner halal terbaik.
3. Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik, Ero Tour Travel.
4. Restoran Halal Terbaik, Rumah Makan Lamun Ombak.

“Terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari masyarakat. Masih banyak potensi wisata Sumatera Barat, baik yang sudah dikembangkan maupun yang belum, yang bisa kita perhatikan. Pengembbangan wisata dan pelestarian budaya harus sejalan,” pesannya.

Untuk diketahui, Kementerian Pariwisata bersama Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H), Rabu (21/9/2016) mengumumkan daftar pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016. Para pemenang di 15 kategori akan mewakili Indonesia pada kompetisi penghargaan wisata halal dunia (WHTA), yang puncaknya digelar di Uni Emirat Arab (UEA), Desember mendatang.

Ketua Tim TP3H Riyanto Sofyan mengatakan, penyelenggaraan Kompetisi Pariwisata Halal Nasional yang baru pertama kali digelar disambut gembira oleh masyarakat terutama para pemangku kepentingan di sektor pariwisata. Hal ini terlihat dari jumlah peserta, yang semula ditargetkan hanya seratus, namun akhirnya mencapai 111 nominator di 15 kategori.

Sebelumnya, panitia menentukan pemenang berdasarkan jajak pendapat di situs www.halaltourism.id, sejak 26 Agustus hingga 15 September 2016. “Jumlah peserta voting mencapai 115.462 atau jauh melampaui target semula yang hanya 50 ribu,” kata dia. (yose/yuke)