Sumbar Lirik Wisatawan Asal Tiongkok

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

PADANG – Pelaku pariwisata Sumbar melirik wisatawan asal Tiongkok. Selain potensinya yang besar, minat wisatawan asal Tiongkok ke Sumbar cukup tinggi.

“Selain Timur Tengah dan India, kita memang berupaya menarik wisatawan Tiongkok untuk berkunjung ke Sumbar,”sebut Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita, Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies) Sumbar Ian Hanafiah, Jumat (24/11/2017).

Upaya itu sejalan dengan keinginan maskapai Air Asia untuk membuka penerbangan langsung Padang-Singapura. Penerbangan perdana akan diresmikan pada 9 Februari 2018. Asita menyambut rencana tersebut. Karena selama ini, banyak wisatawan dari Singapura yang berminat berkunjung ke Sumbar. Hanya saja mereka harus menempuh rute panjang, via Batam atau Jakarta.

Selama ini, pengunjung Singapura juga banyak diserbu wisatawan Tiongkok. Dengan penerbangan tersebut, limpahan wisatawan Tiongkok juga sampai ke Sumbar. Atau memang menuju Sumbar, namun via Singapura.

Untuk mendukung itu, Asita dan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) akan mempromosikan wisata Sumbar di Singapura, sebelum penerbangan perdana rute Padang-Singapura dibuka. Promosi itu dilakukan dengan membawa media dan pelaku wisata Singapura ke Sumbar. (yose)