Sumbar Menuju Destinasi Wisata Dunia

Ke depan, untuk lebih mempromosikan olahraga paralayang dan mempermudah akses jalan akan dibuat  interkoneksi dari Padang -Kota Gadang – Matur- Panta. Dan untuk kawasan  RTBL, akan dibuat dua titik, dengan luas masing-masing lokasi sekitar 100 hektare.

Mulyadi sebagai pimpinan rombongan dan sebagai wakil rakyat asal Sumbar, tidak saja sekadar kagum. Namun naluri engineering-nya muncul seketika. Kawasan objek wisata Puncak Lawang, harus ditata lebih rapi dengan mengacu kepada konsep tata ruang, penataan bangunan dan lingkungan.

Untuk pengembangan kawasan Puncak Lawang tersebut, termasuk akses jalan ke sana, Mulyadi mengupayakannya untuk dianggarkan dalam APBN.

“Ini tidak saja menjadi andalan Agam dan Sumbar umumnya, tapi bisa menjadi incaran wisatawan dunia. Prospeknya menggiurkan. 

Ekonomi masyarakat sekitar terangkat dan tentu saja berdampak positif kepada daerah,” kata politisi Demokrat ini.

Mulyadi tak sekadar janji muluk-muluk. Pendanaan pengembangan kawasan Puncak Lawang dia perjuangkan di Senayan. Sebagai pimpi­nan Komisi V DPR, Mulyadi tentu punya ‘kekuatan’ dan menggunakan hak dekresi sebagai wakil ketua komisi untuk menambah anggaran untuk pembangunnan infrastruktur di Sumbar melalui kementerian terkait. Pengembangan kawasan Puncak Lawang, termasuk di sini.

“Ya, Pemkab Agam, pada 2012 mendapat tiga paket penataan ruang dan bangunan, Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) dan Zoning Regula­tion Danau Maninjau, Rencana Tata Ruang (RTR) Kawasan Wisata Koridor Kelok 44 dan Matur, serta Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Puncak Lawang dan Embun Pagi dan APBN,” kata Bupati Indra Catri usai menandatangan MoU dengan Dirjen Cipta Karya, Selasa (31/7/2012) di Jakarta.

Dalam tahun yang sama, pelebaran jalan sepanjang 4 km dari Pasar Matur menuju Puncak Lawang juga dikerjakan. Pendanaan, bersumber dari APBN sebesar Rp10 miliar. Jalan ke Puncak Lawang itu, tidak saja diperlebar, tapi juga diaspal dan penguatan tebing jalan pada ruas tertentu untuk mengantisipasi keruntuhan.