Surati Pelindo, Diduga Ada Kapal Buang Solar ke Perairan Teluk Bayur

Terlihat awak media tengah mengambil gambar adanya tumpahan yang diduga solar di dermaga enam Teluk Bayur, Kamis (12/10). (deri oktazulmi)
Awak media tengah mengambil gambar adanya tumpahan yang diduga solar di dermaga enam Teluk Bayur, Kamis (12/10). (deri oktazulmi)

PADANG – Pasca tumpahan solar di perairan Teluk Bayur, Dinas Lingkungan Hidup Padang telah membuat surat dan akan diserahkan ke Pelindo untuk bisa mengungkap ataupun mencari pelaku pembuangan solar tersebut.

Dari analisa Dinas Lingkungan Hidup Padang, dipastikan pelaku pembuangan solar tersebut salah satu kapal yang bersandar di dermaga. Untuk itu, pihaknya menunggu balasan surat tersebut.

“Kita akan menunggu balasan surat dari Pelindo satu sampai dua hari ini, secara tertulis. Sebab, kewenangan untuk kapal, merupakan tanggung jawab Pelindo,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang, Al Amin, kepada Singgalang, Jumat (13/10).

Al Amin mengatakan, pasca diketahui adanya tumpahan solar di perairan Teluk Bayur, beberapa dinas terkait telah melakukan penanganan. Namun, pihaknya meminta kepada dinas untuk bisa mengutip solar yang tersebar di perairan Teluk Bayur.

“Kami meminta agar mereka mengutip solar, jangan memasukan zat lain ke laut dimana akan mengurai solar tersebut. Untuk itu, sekali lagi kami minta solar yang tersebar, harus dikutip, bukan diurai,” ujar Al Amin. (deri)