Tablig Akbar Bakal Tandai Dibukanya Kembali Masjid Raya Sumbar

Warga berselfi ria di kawasan Masjid Raya Sumbar (lenggo)
Warga berselfi ria di kawasan Masjid Raya Sumbar (lenggo)

PADANG – Masjid Raya Sumbar resmi dibuka kembali untuk umum, Jumat (13/1). Pemanfaatan kembali masjid dengan arsitektur termegah di Asia tersebut diawali dengan tablig akbar.

Pantia akan menghadirkan Muhammad Nur Ikhsan sebagai khatib pada tabligh akbar. Doktor akidah, alumnus Fakultas Dakwah dan Ushuludin Universitas Islam Madinah tersebut juga menjadi khatib Jumat.

“Kita mengundang Muhammad Nur dalam hajatan tersebut, sebagai resminya penggunaan kembali Masjid Raya Sumbar,” sebut Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar, Syahril B, Rabu (11/1).

Dikatakannya, tabligh akbar tersebut bukan peresmian penggunaan, namun hanya seremoni penggunaan kembali pasca- penyelesaian pekerjaan. Sedangkan peresmian penggunaan sudah dilakukan pada 7 Februari 2014 oleh Wakil Presdien Jusuf Kalla.
“Ini hanya penggunaan kembali,”sebutnya.

Dikatakannya, untuk penggunaan kembali tersebut, sudah banyak mendapatkan desakan dari masyarakat. Jamaah sudah banyak ingin menyaksikan kondisi dalam ruangan masjid yang dibiayai dengan anggaran Rp300 miliar tersebut.

Untuk diketahui, Masjid Raya Sumbar ditutup untuk kegiatan ibadah sejak 19 September 2016. Penutupan itu ditetapkan selama ada pengerjaan fisik. (yose)