Tak Aktif, 1.167 Koperasi Harus Dibubarkan

Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)

PADANG – Sebanyak 1.167 koperasi pada 19 kabupaten/kota sudah tidak aktif lebih dari lima tahun sehingga diminta untuk segera dibubarkan. Pemprov sudah surati kabupaten/kota untuk segera membubarkan koperasi non aktif.

“Untuk pembubaran itu, kita sudah kirimkan surat pada kabupaten/kota, namun baru sedikit yang telah melaksanakan,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar Zirma Yusri di sela-sela pertemuan dengan Bappeda Selasa, (10/1).
Dikatakannya, dari jumlah 1.167 yang terdata, baru puluhan saja yang telah dibubarkan. Sisanya, masih mati suri, statusnya juga terkatung-katung.
Menurutnya, koperasi yang dikategorikan tidak aktif menurut Permen Koperasi dan UKM Nomor 10/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Kelembagaan Koperasi adalah koperasi yang tidak melaksanakan RAT selama tiga tahun berturut-turut atau tidak melakukan usaha secara nyata dua tahun berturut-turut dinyatakan tidak aktif dan pemerintah dapat membubarkan.
“Koperasi yang kita minta untuk dibubarkan itu rata-rata tidak melakukan RAT sejak lima tahun terakhir, bahkan ada yang telah 10 tahun,” katanya. (yose)