Tak Sulit, Berikut Tips Mencegah Asam Urat

Ilustrasi (net)

ASAM urat dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berkaitan dengan ginjal. Karena sedari dini Anda harus mencegahnya agar tidak berdampak buruk.

Mencegah terjadinya asam urat tidaklah sulit. Salah satu caranya yakni menjaga pola makan dengan baik. Karena beberapa jenis makanan dapat menyebabkan terjadinya asam urat. Apalagi makanan yang tinggi kolesterol dan tinggi lemak.

Dilansir Livestrong, berikut adalah beberapa langkah untuk mencegah asam urat yang bisa Anda lakukan. Simak ulasannya berikut agar tidak merugikan diri Anda:

Kontrol dengan diet
Untuk mengonntrol kadar asam urat, hindari mengonsumsi makanan tinggi purin, yakni zat kimia yang bertanggung jawab untuk membentuk asam urat di dalam ginjal. Contohnya batasi daging merah, seafood, jeroan dan biji-bijian yang tinggi purin. Selain itu, beberapa sayuran juga bisa dihindari seperti asparagus, kacang polong, jamur dan kembang kol.

Hindari minuman bersoda
Batasi minuman bersoda setiap minggunya. Minuman ini mengandung tinggi fruktosa yang bisa meningkatkan asam urat. Tidak hanya soda, Anda juga harus membatasi minuman manis, seperti teh kemasan, jus instan yang serba manis.

Tidak minum alkohol
Minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Karenanya, Anda harus membatasi minuman ini. Seperti wine juga Anda harus membatasinya. Minuman ini dampaknya juga bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh Anda dengan normal.

Makan buah berry
Untuk mengurangi konsentrasi asam urat, peneliti dari University of Maryland Medical Center menyarankan Anda until makan buah ceri, blueberry dan strawberry. Buah-buahan itu mengandung bromelain yang bersifat anti-inflamasi. Tak hanya itu, buah asam itu dapat membantu menangkal radikal bebas di sistem pencernaan.

Jaga berat badan
Orang yang gemuk cenderung rentan alami asam urat. Karenanya, Anda harus menjaga agar tidak terjadi obesitas. Jaga berat badan Anda hingga angka yang ideal. Jaga pola makan dan perbanyak minum air putih agar tubuh tetap bugar.

Minum air putih
Air putih baik untuk menjaga keseimbangan badan. Termasuk dapat mencegah asam urat yang menyakitkan. Makanya, dalam sehari Anda tak boleh melewatkan minum banyak air putih agar khasiat yang Anda rasakan bisa melimpah. (aci)