Tangani Karhutla, Kemenhut Terjunkan Helikopter ke Limapuluh Kota

Heli bantuan untuk memadamkan api di Limapuluh Kota. (bayu)
Heli bantuan untuk memadamkan api di Limapuluh Kota. (bayu)

SARILAMAK – Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup bekerjasama dengan BNPB, akhirnya menerjunkan satu unit helikopter waterbombing, untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Helikopter jenis bell 412 call sign PK PUV milik Pelita Air, anak perusahaan Pertamina tersebut, tiba di Limapuluh Kota, tepatnya di lapangan Singa Harau, Ketinggian, Sarilamak, Kecamatan Harau, Sabtu (8/10/2016) sore.

“Alhamdulillah, terimakasih banyak kepada pilot dan copilot yang mendarat selamat di Limapuluh Kota,” kata Irfendi Arbi, Bupati Limapuluh Kota, menyambut pesawat yang lambungnya, menampung debit air sebanyak 1.000 liter tersebut.

Didampingi Kapolres AKBP Bagus Suropratomo,S.Ik, Danramil Kecamatan Harau Kodim 0306/50 Kota serta jajaran BKSDA Sumbar, BPBD Sumbar serta BPBD Limapuluh Kota, Bupati menerima laporan dari pilot helikopter tersebut, jika pemadaman akan dilakukan Minggu (9/10/2016) pagi.

“Inyaallah, saya akan pimpin rapat dulu di mess Pemkab, Tarantang, Kecamatan Harau. Paginya (besok,-red), baru kita lepas, untuk memadamkan api dari GOR Singa Harau, menuju beberapa titik kawasan,” tutur Bupati Irfendi.

Bupati mengucapkan ribuan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, BKSDA Sumbar dan BNPB, yang ikut memantau peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Limapuluh Kota.

“Kami sadari, penanganan manual yang kami lakukan, membuat kewalahan. Bahkan, saya, pak Kapolres, beserta jajaran Polsek, Koramil, BPBD, BKSDA Sumbar, Polisi Kehutanan, itu sudah larut malam terus pulang memadamkan api,” tutur Irfendi.

Makanya, bantuan Kementrian Kehutanan tersebut, sangat membuat Pemkab terbantu.

BANTUAN GRATIS
Tidak sekadar mendatangkan helikopter, Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, menurut Irfendi, membantu dengan gratis. Seluruh biaya transportasi, beli BBM, serta operasionalnya, itu Kementrian Kehutanan yang menanggung.

“Alhamdulillah yang tak terhingga kami ucapkan,” kata Bupati dan Kapolres AKBP Bagus Suropratomo. Kendati demikian, seluruh biaya makan dan minum dan penginapan tim, menurut Irfendi Arbi, akan tetap ditanggung oleh Pemkab Limapuluh Kota. (Bayu Vesky)