Telkomsel Umumkan 20 Finalis The NextDev 2016

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati menyampaikan paparan tentang mekanisme penjurian untuk menentukan 20 finalis The NextDev 2016 di Jakarta baru-baru ini. Bertepatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel mengumumkan 20 finalis yang akan bersaing dalam putaran final The NextDev 2016.  (*)
Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati menyampaikan paparan tentang mekanisme penjurian untuk menentukan 20 finalis The NextDev 2016. Bertepatan dengan momen Sumpah Pemuda, Telkomsel mengumumkan 20 finalis putaran final The NextDev 2016. (*)

 

 

JAKARTA – Bertepatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel mengumumkan 20 finalis yang akan bersaing dalam putaran final The NextDev 2016. Keduapuluh finalis kompetisi mobile apps developer muda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini sudah melalui tahapan kualifikasi tingkat regional dan seleksi tingkat nasional yang telah berlangsung sejak awal Oktober.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, Telkomsel selalu berupaya untuk turut mendukung peningkatan kualitas dan kapasitas generasi muda.

Lebih lanjut Adita menambahkan, 20 finalis The NextDev yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia menunjukkan Indonesia kaya akan potensi kreativitas dari mobile apps developer muda yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air.

Antusiasme yang sangat tinggi mulai dari periode roadshow yang sebelumnya telah berlangsung di 20 kota hingga proses penjurian menuju 20 besar memperlihatkan anak muda Indonesia ingin berkontribusi terhadap perubahan yang lebih baik di kotanya melalui karya-karya kreatif yang mereka lahirkan.

Lebih dari 1.000 aplikasi mobile telah terdaftar untuk berkompetisi dalam TheNextDev 2016. Dari seluruh aplikasi mobile yang masuk tersebut, dilakukan kualifikasi tingkat regional yang menghasilkan 80 kontestan.

Selanjutnya, dalam seleksi tingkat nasional, proses penjurian yang berlangsung selama dua hari untuk menentukan 20 peserta terbaik dilaksanakan secara transparan dan akuntabel melalui video conference antara dewan juri baik internal maupun eksternal Telkomsel di Jakarta dan para peserta yang berlokasi di 19 titik.

Para kontestan tersebut melakukan pitching atas karya mereka di hadapan para juri yang merupakan praktisi dan pakar berpengalaman di industri digital, di antaranya Enda Nasution (Founder Sebangsa), Andreas Senjaya (Co-Founder & CEO iGrow), dan Octa Ramayana (Academic & Research Partner Kibar).

Ke-20  solusi aplikasi The NextDev 2016 tersebut terbagi ke dalam sembilan sub tema yang telah ditentukan, yaitu agrikultur, kemaritiman, usaha kecil dan menengah (UKM), pemerintahan, energi, pariwisata, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

Dari kategori agrikultur, finalisnya adalah Habibi Garden (Bekasi), Vestifarm (Bekasi), Taponesia (Surabaya), dan Eragano (Jakarta). Dari kategori UKM, terpilih The Denim Club (Samarinda), Kostoom (Depok), Tambaku (Malang), NonQ (Makassar), Kredibel (Serang), dan Mattreal (Surabaya). Untuk kategori pemerintahan, terdapat tiga finalis, yakni Juru Parkir (Yogyakarta), Kentongan (Yogyakarta), dan Meetchange (Depok). Dari kategori pendidikan, dua finalis yang terpilih adalah Tutormu (Tangerang Selatan) dan Dengerin (Yogyakarta).

Sementara itu, BudidayaKu (Samarinda), Angkuts (Pontianak), Tuntun (Denpasar), AppsKep (Pekanbaru), Tiketbusku (Makassar) menjadi satu-satunya finalis dari masing-masing kategori kemaritiman, energi, pariwisata, kesehatan, dan transportasi.

Program The NextDev 2016 akan ditayangkan secara langsung mulai 13 November 2016 di stasiun televisi nasional.

The NextDev merupakan sebuah kompetisi yang bertujuan untuk menggali potensi anak muda Indonesia dalam menciptakan mobile apps yang mampu memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat. (rahmat)