Terkendala Pengelolaan, Produk Unggulan Sumbar Diminati Pasar Internasional

Forum konsultasi pelaku usaha (lenggo)
Forum konsultasi pelaku usaha (lenggo)

PADANG – Produk-produk dari Sumatera Barat sangat diminati pasar lokal maupun internasional. Sayangnya, para pelaku usaha belum mampu mengelolanya dengan maksimal.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Penanganan Isu Strategis Kementerian Perdagangan, Ni Made Ayu Marthini di sela-sela Forum Konsultasi dan Identifikasi Hambatan Implemen tasi Isu Strategis Perdagangan, Pusat Penanganan Isu Strategis, di Hotel Mercure, Padang, Kamis (6/9).

Menurutnya, Sumbar mampu menghasilkan produk andalan yang berkelas dunia, karena struktur ekonominya yang berbasis pertanian, perkebunan, industri kreatif yang mendukung serta bidang jasa-jasa pariwisata yang potensial.

“Kami melihat Sumbar mampu menghasilkan produk-produk agraris (pertanian dan perkebunan) dan kerajinan-kerajinan yang bagus. Sayangnya, mereka hanya tahu membuat dan menghasilkannya, tapi memasarkan tidak bisa,” lanjutnya.

Untuk meningkatkan kualitas produk unggulan Sumbar berkelas dunia, Pusat Penanganan Isu Strategis Kementrian Perdagangan mengelar Forum Konsultasi dan Identifikasi Hambatan Implementasi Isu Strategis Perdagangan dengan peserta pemerintah daerah, pelaku usaha, akademisi, dan kelompok tani komoditi.

Forum konsultasi ini diharapkan mampu menjadi forum bagi pelaku usaha berbagi pengalaman dan memberikan motivasi, agar semakin maju dan berkembang menjadi pengusaha juara di pasar global. (lenggo)