Tersangka Suap Sugito Jabat Ketua Saber Pungli di Kemendes PDTT

 Ketua KPK Agus Rahardjo dan Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara memaparkan hasil OTT KPK di Gedung KPK, Jakarta. (antara foto)

Ketua KPK Agus Rahardjo dan Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara memaparkan hasil OTT KPK di Gedung KPK, Jakarta. (antara foto)

JAKARTA – Irjen Kemendes PDTT, Sugito yang ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), ternyata juga Ketua Saber Pungli di Kementerian Desa PDTT.

“Pak Irjen Kemendes (Sugito) orang yang berintegritas tinggi dan menjabat Ketua Unit Pemberantasan Pungutan Liar di Kemendes,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo, Sabtu (27/5).

Menurut Eko, selama ini Sugito merupakan pegawai yang aktif ikut serta dalam program bersih-bersih dari korupsi di Kemendes. Bahkan ide pembentukan Satuan petugas (Satgas) Saber Pungli dan reformasi birokrasi di Kementerian Desa PDTT. Eko pun mengaku terkejut atas kejadian yang menimpa Sugito

“Saya menghargai sosok pak Irjen karena dia juga menjabat sebagai ketua saber pungli saya tadinya pada hati kecil saya tidak percaya pak Irjen tersangkut kasus korupsi ini,” tuturnya.

Diwartakan okezone, operasi tangkap tangan dilakukan pada Jumat (26/5) malam. KPK menangkap tujuh orang, termasuk pejabat BPK. OTT tersebut terkait pemberian suap agar Kemendes mendapatkan predikat WTP.

WTP diketahui merupakan opini yang dikeluarkan auditor terhadap sebuah laporan keuangan lembaga negara. Sesuai amanat konstitusi dan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003, audit atas laporan keuangan lembaga negara dilakukan BPK.

OTT KPK ini tidak hanya melibatkan pejabat Kemendes melainkan juga pejabat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). (aci)

agregasi okezone1