Thailand vs Indonesia, Ini Kata Nilmaizar

Nilmaizar (Ikhsan Khalik)
Nilmaizar (Ikhsan Khalik)

BANDUNG – Indonesia segera memulai langkahnya di Piala AFF 2016. Bagaimana pelatih Semen Padang Nil Maizar melihat peluang Indonesia di Piala AFF?

Secara umum, ia melihat Indonesia memiliki peluang untuk menjuarai Piala AFF. Namun butuh perjuangan ekstra keras mengingat Indonesia baru saja kembali ke kancah sepakbola internasional setelah sempat di-banned FIFA.

Dari beberapa pertandingan uji coba, ia melihat permainan Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal itu bisa jadi modal untuk mengarungi setiap laga demi laga.

“Artinya prospeknya ada dengan materi pemain yang (Alfred) Riedl dapatkan. Terus yang kedua, dengan jadwal pertandingan, dengan persiapan tim yang tidak terlalu lama, mereka bisa berbuat,” kata Nil Maizar di Graha Persib, Kota Bandung.

Saat ini, skuad Merah Putih dihuni para pemain terbaik dari Indonesia. Komposisi pemain senior dan junior dipadukan cukup baik oleh pelatih Alfred Riedl.

Meski masa persiapan tidak terlalu banyak, ia berharap hal itu tidak menjadi hambatan berarti. Kuncinya adalah ada di tangan Riedl sebagai nakhoda tim.

Yang terdekat, Indonesia akan menghadapi Thailand. Itu akan jadi langkah awal yang berat bagi Boas Solossa dan kawan-kawan. Tapi jika mampu melewati hadangan Thailand, peluang Indonesia akan semakin terbuka untuk berbicara banyak di Piala AFF.

“Ini tinggal bagaimana Riedl meyakinkan pemain agar tidak mengeluh walaupun Thailand lagi on fire kemarin lawan Australia 2-2. Harus optimis, jangan mengeluh. Itu saja,” ungkapnya.

Jika bisa menjungkalkan Thailand, ia memandang itu akan jadi gebrakan tersendiri bagi Indonesia. Sehingga kontestan lain akan terbuka matanya melihat kekuatan Indonesia.

“Oh iya, kalau Indonesia bisa mengalahkan Thailand, luar biasa,” ujar Nil Maizar.

Sebagai mantan pelatih timnas, Nil pun mendoakan yang terbaik untuk Indonesia. Ia berharap Indonesia bisa menggapai prestasi terbaiknya sebagai hadiah manis untuk publik pencinta sepakbola nasional. (aci)

agregasi okezone1