Tjahjo Klaim ada Jutaan Blanko e-KTP di Pusat, Daerah Silahkan Ambil

Mendagri Tjahjo Kumolo (net)
Mendagri Tjahjo Kumolo (net)

JAKARTA – Permasalahan rekapitulasi data Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP) mencuat di masyarakat. Pasalnya, di beberapa daerah Indonesia terkadang tidak tersedia blanko E-KTP itu sehingga terhambatnya proses perekaman data.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan apabila di suatu daerah kehabisan blanko diharapkan segera melapor kepada pemerintah pusat.

“Kalau blankonya masih habis yah silahkan kontak Dukcapil pusat, bisa diambil di sana,” kata Tjahjo usai melakukan kunjungan pekan produk budaya Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (19/10)

Politikus PDI Perjuangan itu mengakui masih banyak blanko e-KTP yang masih belum terpakai dan siap didistribusikan ke masyarakat. “Masih ada dua juta lebih yang belum digunakan di seluruh daerah,” ujarnya.

Proses perubahan KTP elektronik memang sempat terhambat lantaran adanya dugaan korupsi dalam proyek pengadaan KTP tersebut. Kasus yang sudah ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini pun terus dilakukan pengembangan.

Untuk saat ini, KPK telah menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus tersebut, yakni, Mantan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Irman dan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri‎, Sugiharto.(aci)

agregasi okezone1