TMMD Bikin Petani Gambir Senang

Petani gambir, Indra (44) melewati jalan hutan yang dibuka oleh TNI melalui Program TMMD ke 97 di Kampung tanjung kandis, kenagarian Taluak Tigo Sakato. (niko)
Petani gambir, Indra (44) melewati jalan hutan yang dibuka oleh TNI melalui Program TMMD ke 97 di Kampung tanjung kandis, kenagarian Taluak Tigo Sakato. (niko)

PAINAN – Sejumlah petani gambir di Kampung Tanjung Kandis, Kenagarian Taluak tigo sakato, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan, senang dengan program TMMD. Sepeda motor sudah bisa masuk hutan, dan gambir dibawah pulang.

“Sudah banyak beda, semenjak pasukan TMMD tinggal di kampung kami” tutur Indra (44) salah seorang petani gambir sepulang dari ladang, saat dijumpai Singgalang . Ia mengatakan harapan-harapan mulai bermunculan dalam benaknya.

“Saya berharap, ekonomi keluarga kami meningkat. Saya ingin memberikan pendidikan tinggi, kepada anak- anak,” ucapnya.

Ia mengaku senang dengan kedatangan ratusan personel TNI telah hidup membaur di kampungnya tersebut. Kedatangan TNI dengan melaksanakan program TMMD ke 97 tersebut rupanya berdampak besar terhadap para petani yang punya ladang di hutan belantara itu.

“Banyak warga di sini aktif lagi membuka lahanya yang dulu berisi gambir, karet dan buah pala. Itu terjadi berkat kegiatan program TMMD yang telah membuka jalan baru di kampung kami. Jalan itu bisa pula kami lewati dengan menggunakan motor menuju ladang,” terangnya.

Dandim 0311, Pesisir Selatan mengungkapkan pelaksanaan program TMMD merupakan bentuk kemanunggalam TNI bersama rakyat.

“Kami TNI berasal dari rakyat, dan juga berjuang untuk rakyat dalam melepaskan ketertinggalan dan menjaga kedaulatan NKRI,” tutupnya.(niko)