TMMD Ikut Tingkatkan Ekonomi Petani

Sejumlah personel TMMD 97 membantu membuka lahan warga secara bersama- sama di kampung tanjung kandis, Kenagarian Taluak Tigo Sakato, Pesisir Selatan.(niko)
Sejumlah personel TMMD 97 membantu membuka lahan warga secara bersama- sama di kampung tanjung kandis, Kenagarian Taluak Tigo Sakato, Pesisir Selatan.(niko)

PAINAN –  Satgas TMMD 97 di Kampung Tanjung Kandis, Kenagarian Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat ternyata bisa meningkatkan ekonomi petani. Mereka ikut membantu membersihkan dan membuka ladang warga sehingga perekonomian warga di kampung bisa bergerak.

Pembukaan ladang itu, untuk meningkatkan semangat para petani agar tetap semangat dan aktif mengolah lahan pertaniannya yang selama ini hanya menjadi rimba yang tak memberi manfaat.

Alhasil, jika lahan itu terkelola dan berkelanjutan membuahkan hasil, maka perekonomian petani disana bakal meningkat dan terus meningkat.

Secara bersama-sama, warga setempat , dan juga partisipasi dari kenagarian lainya, kenagarian IV Koto Mudiak , serta pihak kecamatan terlihat antusias menebas semak belukar.

Lahan- lahan itu dibuka kembali karena didukung oleh kemanunggalan satgas TMMD yang telah membuka jalan tani sepanjang 12 Kilometer disana.

Dampaknya, mobilisasi tani menuju ladang menjadi dekat, cepat dan hemat tenaga.

Rencananya, di lahan itu akan ditanam berbagai jenis tanaman komoditi seperti gambir, buah pala , cengkeh dan lainya sesuai dengan iklim dan kesuburan tanah.

Dandim 0311 Pesisir Selatan, Letkol Inf Setiya Asmara mengungkapkan Selain membangun empat unit RTLH dan satu mushala, serta pembukaan jalan sepanjang 12 kilometer yang menghubungkan dua kecamatan dan tiga kenagarian di sana.

Pembangunan secara fisik, warga  sudah melihat secara nyata dampak dari pembagunan  tersebut dan secara non fisik diharapkan pemberdayaan untuk menyokong peningkatan ekonomi masyarakat bakal membaik dari sebelumnya.

Tidak hanya itu, kegiatan non fisik lainya juga diberdayakan , seperti penyuluhan bela negara oleh Kodim 0311Pesisir Selatan, penyuluhan pelestarian hutan dan cara berkebun oleh dishut, penyuluhan Kamtibmas oleh Polres Pessel, Penyuluhan bertani/ beternak oleh dinas peternakan, penyuluhan dan pelayanan keluarga berencana oleh BKKBN,Penyuluhan hukum dan narkoba oleh polres pessel serta penyuluhan kebakaran lahan  dan hutan (karlahut) oleh Dinas Kehutanan dan BPBD. (niko)