TNI Jalin Silaturahmi dengan Masyarakat Lewat Olahraga

PAINAN – Tidak Hanya membantu melakukan pembangunan desa, para prajurit TNI yang tergabung dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) juga mampu  memperkuat hubungan silahturahmi dan menanamkan jiwa semangat berolahraga kepada warga Kampung Tanjung Kandis, Kenagarian Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas. Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Setiap sore, para prajurit bersama masyarkat bermain bola voli. Kegiatan tersebut selain membangun keakraban, kedekatan atau hubungan emosional dengan warga juga dapat memberikan ruang bagi para personil untuk lebih mengenal daerah yang mereka tempati.

Terlebih lagi hal tersebut juga merupakan relaksasi setelah melakukan pekerjaan  mereka seharian. Dengan berolahraga seperti itu, para personel dapat sedikit bersantai dan menikmati waktu sore yang menyenangkan.

Dandim 0311 Painan, Pesisir Selatan, Letkol Inf. Setya Asmara, SIP mengatakan kegiatan tersebut dilakukan bukan tanpa alasan.

“Bermain voli di lapangan milik warga tersebut juga dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat olahraga warga agar tidak memudar,” ungkapnya menjawab Singgalang, Jumat, (23/9).

Ia menambahkan Karena olahraga sangat berdampak positif bagi kesehatan jasmani dan rohani.

Diharapkan,  kesehatan warga akan meningkat dan pola pikir mereka akan cenderung lebih jernih demi membangun kampung yang mereka cintai ini.

Terinspirasi dari semboyan ”mensana incor porisano (dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” para personel TNI ini bertekad akan menumbuhkan semangat olahraga warga dengan rutin melakukan permainan voli setiap sore.

Dan mengajak warga agar selalu aktif melakukan berbagai jenis olahraga  lainnya. Yang terpenting dari kegiatan ini adalah bermain bersama dan sehat bersama.

“Namun intinya, target kita di TMMD secara fisik pembangunan rumah selesai dan pembukaan akses jalan sesuai perencanaan dan non fisiknya tentu kita juga melibatkan SKPD untuk mencapai hal positif dan kemajuan warga dari ketertinggalan” tukasnya. (niko)