Tokoh Lintas Agama Doakan Kehidupan Bangsa

Mensos Khofifah berjabat tangan dengan pemuka lintas agama di Bundaran HI Jakarta. (Antara)
Mensos Khofifah berjabat tangan dengan pemuka lintas agama di Bundaran HI Jakarta. (Antara)

JAKARTA – Kementerian Sosial RI menggelar doa lintas agama untuk pahlawan bangsa di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2016). Aksi ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Pahlawan Nasional pada 10 November 2016.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa mengatakan, doa lintas agama ini merupakan ikhtiar kebersamaan warga negara sebagai umat beragama di Indonesia.

“Dua tahun lalu kita lakukan doa lintas agama di Altar Taman Makan Pahlawan. Tahun lalu kami lakukan doa lintas agama di Altar Taman Makam Pahlawan (juga), hari ini kita sepakat melakukan doa lintas agama di dekat Bundaran HI,” ujarnya.

Doa lintas agama dipimpin oleh masing-masing perwakilan lima agama yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha.

Islam diwakili oleh Wakil Imam Besar Masjid Istiqlal Syarif Muhammad. Lalu, Kristen diwakili oleh Ketua Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Henriette Hutabarat Lebang. Kemudian, Katolik diwakili Sekretaris Komisi Liturgi Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Yohannes Rusae, umat Hindu diwakili oleh I Mangku Wayan Sudarmi dari Parisada Hindu Dharma Indonesia dan umat Budha diwakili oleh Pandita Madya Effendy dari Wali Umat Budha Indonesia (Walubi).

Kesemuanya bersama-sama mengirimkan doa agar Indonesia menghormati jasa pahlawan dan mengisi kemerdekaan melalui perdamaian serta kerukunan. (lek)

agregasi okezone1