Tokoh Malaysia Asal Palupuah dapat Gelar Doktor Kehormatan Unand

 

(YB) Tan Sri Dato’ Utama Dr. Rais Yatim. (padu)
(YB) Tan Sri Dato’ Utama Dr. Rais Yatim. (padu.edu.my)

PADANG – Besok, Rabu (26/10) Universitas Andalas (Unand) berikan gelar doktor kepada Penasihat Sosio-Budaya Kerajaan Malaysia (Setingkat Menteri) Yang Berbahagia (YB) Tan Sri Dato’ Utama Dr. Rais Yatim.

Dia adalah perantau Minangkabau generasi ke dua di Malaysia yang sudah sukses dan menjadi orang berpengaruh di negeri Jiran tersebut. Rais Yatim berasal kampung Lariang, Palupuah, Kabupaten Agam.

Panitia Penganugerahan Gelar Kehormatan (Dr HC), Prof. Dr. Asdi Agustar mengatakan, acara resmi penganugerahan ini akan dilaksanakan di Convention Hall Unand, Kampus Limau Manis. Tim Promotor yang terdiri dari Prof. Dr. Yuliandri, Prof. Dr. Firman Hasan dan Prof. Dr. Yaswirman memiliki dasar pemikiran yang mendalam untuk dapat mengusulkan kepada Universitas Andalas pemberian Anugerah Gelar Doktor Kehormatan kepada Tan Sri Dato’ Utama Dr. Rais Yatim dalam bidang Hukum dan Kemasyarakatan.

Pemberian gelar doktor kehormatan kepada YB Tan Sri Dato’ Seri Utama Dr Rais Yatim dilakukan dalam rangka peringatan Lustrum XIII (Ulang Tahun ke-65) Fakultas Hukum Universitas Andalas dan Lustrum XII (Ulang Tahun ke-60) Universitas Andalas.

Pemberian gelar doktor kehormatan ini merupakan yang kedua pada lustrum XII Unand, dimana sebelumnya juga telah diberikan gelar doktor kehormatan bidang hukum pemerintah daerah kepada Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla pada Senin, 5 September 2016 yang lalu di Auditorium Kampus Unand Limau Manih Padang.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2013 tentang Pemberian Gelar Doktor Kehormatan, dinyatakan bahwa Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) adalah gelar kehormatan yang diberikan oleh suatu perguruan tinggi kepada seseorang yang dianggap telah berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sosial, budaya, dan/atau berjasa dalam bidang kemanusiaan dan/atau kemasyarakatan. (defil)