Tottenham Beri Kekalahan Pertama bagi Guardiola

Pep Guardiola (net)
Pep Guardiola (net)

LONDON – Tottenham Hotspur memberikan kekalahan perdana bagi Josep Guardiola bersama Manchester City. Bertemu di lanjutan Liga Inggris pekan ketujuh, Minggu (2/10) malam WIB, The Liliwhites –julukan Tottenham– berhasil menang 2-0 lewat gol bunuh diri Aleksandar Kolarov dan Dele Alli.

Berkat kemenangan ini, Tottenham memepet Man City di puncak klasesemen Liga Inggris 2016-2017. Tottenham yang duduk di posisi dua telah mengemas 17 angka, hanya tertinggal satu poin dari The Citizens –julukan Man City.

Di awal laga, Man City hampir membuka skor lewat David Silva. Memanfaatkan umpan Jesus Navas, back flip gelandang berpaspor Spanyol itu masih menyamping tipis di samping gawang Tottenham kawalan Hugo Lloris.

Pada menit kesembilan, Tottenham mengejutkan lini pertahanan The Citizens. Danny Rose melepaskan umpan silang yang gagal diantisipasi dengan sempurna oleh fullback kiri Man City, Aleksandar Kolarov. Akibatnya, si kulit bulat meluncur ke gawang Man City kawalan Claudio Baru. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Tottenham.

Unggul 1-0 tak membuat klub asuhan Mauricio Pochettino mengendurkan serangan. Pada menit 22 lewat proses serangan balik cepat, Son Heung-min hampir merobek gawang Bravo. Beruntung, kiper Timnas Cile itu dapat menepis tembakan andalan Timnas Korea Selatan itu.

Man City bukan tanpa peluang. Pada menit 28, Sergio Aguero hampir menyamakan kedudukan, namun sepakannya masih menyamping tipis dari gawang Lloris. Akan tetapi alih-alih menyamakan kedudukan, Man City justru kembali kebobolan.

Dele Alli berhasil membobol gawang Man City untuk kedua kali pada menit 37 usai sepakan kaki kanannya, memanfaatkan assist son tak dapat diantisipasi Bravo. Skor berubah 2-0 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua baru berjalan lima menit, Man City hampir mencetak gol pembuka. Tembakan Sergio Aguero sebenarnya gagal diantisipasi dengan sempurna oleh Lloris. Namun, si kulit bulat hanya membentur tiang gawang.

Pada menit 64, Tottenham mendapat hadiah penalti setelah Alli dijatuhkan Fernandinho di kotak terlarang. Namun, Erik Lamela yang dipercaya menjadi algojo gagal menjalankan tugasnya dengan baik setelah tembakannya dapat diblok Claudio Bravo.

Lloris bermain gemilang di laga kali ini. Kapten Timnas Prancis itu berturut-turut mampu menyelamatkan peluang yang didapat Kelechi Iheanacho pada menit 75 dan Aguero lima menit kemudian.

Setelah peluang tersebut, tak ada gol yang dicetak kedua tim. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai. Tottenham berhasil memberikan kekalahan perdana bagi Man City asuhan Guardiola.(aci)

agregasi okezone1