Toyota Hentikan Penjualan Hybrid Prius, Ini Penyebabnya

Toyota Prius (carscoops)
Toyota Prius (carscoops)

NEW YORK – Toyota menghentikan penjualan mobil hybrid Prius di pasar Amerika Serikat, setelah lembaga keselamatan dan keamanan nasional AS, NHTSA melakukan penyelidikan adanya kerusakan pada perangkat rem parkir.

Berdasarkan laporan resminya seperti dikutip dari Autoblog, kerusakan terjadi akibat kabel rem yang terhubung pada tuas engkol rem parkir yang mudah lepas.

Hal tersebut bisa menyebabkan risiko saat pemilik mobil mengaktifkan rem saat kendaraan di posisi jalan menanjak dan menurun. Sebelumnya Toyota mengaku sudah mengetahui adanya laporan kerusakan pada perangkat rem parkir pada Mei 2016, masalah tersebut diketahui dari 64 klaim yang diajukan pemilik mobil akibat kerusakan perangkat tersebut.

Akibat masalah tersebut tak kurang 91.585 unit kendaraan termasuk 19.500 mobil baru yang masih terdapat di diler akan dilakukan kampanye perbaikan.

Karenanya NHTSA melarang keras Toyota menjual model Prius di negaranya, saat ini Toyota sudah meminta jaringan dilernya di Amerika Serikat untuk tidak menjual mobil tersebut sebelum dilakukan perbaikan. Model yang terkena perbaikan yakni Toyota Prius tahun produksi 2016 hingga 2017. (aci)

agregasi okezone1