Trik Sri Mulyani Antisipasi Pungli di Kemenkeu

Sri Mulyani (net)
Sri Mulyani (net)

JAKARTA – Pungutan liar (pungli) jadi perhatian khalayak luas. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Kepolisian terhadap pegawai Kementerian Perhubungan yang tengah melakukan tindak pungli.

Guna menghapus tindak pungli di Kementerian Keuangan, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku sudah menyiapkan langkah antisipasinya. Dirinya meminta seluruh jajaran eselon I untuk memperhatikan kinerja bawahan yang berinteraksi dengan stakeholder di luar yang berpotensi untuk memunculkan tindak pungli.

“Kita akan terus melakukan perbaikan. Apa yang terjadi di Kemenhub jadi pelajaran penting bagi seluruh jajaran pemerintah termasuk Kemenkeu. Saya sudaa minta seluruh jajaran eselon I memperhatikan ke bawah, di pelabuhan, pajak, perbendaharaan, anggaran, perimbangan keuangan, dan kekayaan negara,” ujar Sri.
Menurutnya, setiap atasan di Kementerian Keuangan berfungsi mengawasi indikasi terjadinya tindak penyelewengan dan bila ada penyelewengan segera ditindak.

“Bila ada baru dilaporkan ke atasan dan saya minta Inspektorat Jenderal laporkan ke seluruh jajaran eselon I dalam melakukan tindakan dari temuan yang diidentifikasikan, sehingga kita terhindari dari hal-hal itu,”ujarnya. (aci)

agregasi okezone1