Truk Terperosok,  Ribuan Orang Terjebak Macet di Harau

Truk terperosok, membuat arus lalulintas terganggu. (bayu)
Truk terperosok, membuat arus lalulintas terganggu. (bayu)

SARILAMAK – Ribuan pengunjung wisata Lembah Harau, Limapuluh Kota, Sumbar terjebak macet gara-gara truk pengangkut kabel dan bongkahan besi milik PLN warna biru BK 8964 MC, terperosok di badan jalan. 

Truk itu, menurut Kapolsek Harau, AKP Toruan, jelas menyalahi aturan. “Tidak boleh truk sebesar ini masuk. Bukan kelas jalannya,” kata Kapolsek, yang datang bersama petugas Satlantas Polres 50 Kota ke lokasi kejadian, Minggu (17/9/2017).

Aktivitas berwisata masyarakat terganggu dengan kejadian ini. Macet sudah 3 jam lebih. Kecuali mobil kecil dan motor, bisa masuk. Sedangkan puluhan bus dan kendaraan wisata, masih terkunci.

Polisi memastikan, akan menangkut kendaraan tersebut pasca evakuasi ke Mapolres. “Kita amankan dulu,” tegas Kapolsek Harau. Kapolsek sempat memberikan teguran lisan dengan keras, kepada para pihak yang mengarahkan truk tersebut masuk.

Pantauan Singgalang, truk tersebut terperosok karena hendak masuk ke dalam mess yang juga gudang milik PLN. Rencana akan ada aktivitas bongkar muat barang. Tapi, truk keuru terperosok karena badan jalan lunak. 

Khawatirnya, di dekat truk terperosok itu, beberapa pekan terakhir, ada aktifitas penggalian pipa. Belum diketahui dengan pasti, proyek Pemerintah itu ikut dirusak truk PLN atau tidak. (bayu)