Berita Singgalang | Padang

Tugas Pantarlih Cukup Berat

Tanggal 10 May 2013

PADANG — Untuk memberikan penguatan kepada Petugas Pendaf taran Pemilih (Pantarlih), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang melakukan sosialisasi dan implementasi peraturan dan aplikasi Pantarlih dengan PPK se-Kota Padang di Hotel Axana, baru-baru ini. Dalam kegiatan itu sekaligus diserahkan kelengkapan Pantarlih untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2014 mendatang.
Ketua KPU Padang Alison menjelaskan, berdasarkan peraturan KPU Nomor 6 tahun 2013 tentang perubahan keempat atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 tahun 2013 tentang tahapan, program, dan jadual penyelenggaraan pemilihan umum anggota DPR, DPD dan DPRD, saat ini KPU telah masuk pada jadwal pemutakhiran data pemilih sejak 1 April-9 Juni 2013.
“Sebelum pemutakhiran data ini dilaksanakan pantarlih, kegiatan ini juga telah dilaksanakan oleh KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. Dimulai dari penyerahan Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK 2) pada 6 Desember lalu sampai penyerahan Data Pontensial Penduduk Pemilih Pemilu (DAK4) pada 7 Februari lalu,” ujarnya, kemarin. Untuk Kota Padang, tercatat jumlah DAK 2 sebanyak 871.534 orang dan DP4 sebanyak 655.312 orang. DAK 2 dan DP4 yang telah diserahkan oleh Pemko tersebut telah diproses oleh KPU melalui singkronisasi data kependudukan, konsolidasi DP 4, Pencermatan DP 4 dan DPT terkahir.
Kemudian, KPU menyerahkan AO KPU dan kelengkapan lainnya ke PPK melalui PPS. Sebelum kelengkapan tersebut diberikan, maka sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, KPU melaksanakan bimbingan teknis pemutakhiran dan sosialisasi data pemilih kepada PPK dan selanjutnya PPK melakukan hal yang sama kepada PPS dalam wilayah kerjanya.
Kordiv Teknis KPU Kota Padang, Sjahbana Sjams menambahkan, tugas Pantarlih bukanlah tugas yang ringan. Terdaftar tidaknya warga sebagai pemilih terletak ditangan pantarlih. Suksesnya Pemilu ditentukan dari partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya dan oleh karena itu tanamkan mulai hari pada diri Pantarlih bahwa tidak ada warga masyarakat yang tidak terdaftar sebagai pemilih. Menurutnya, jumlah Pantarlih untuk Pemilihan Legislatif tahun 2014 di Kota Padang berjumlah 1.57 orang yang akan mendatang 264 145 KK di kota Padang. (105)

Leave a Reply

 
Advertise Here
Advertise Here

Pojok

  • + Gagal pemilu,
    Caleg diceraikan isteri
    - Malang bana nasib, kursi empuk ndak dapek, bini cigin lo
    + Anang tak ambil pusing soal
    perolehan suara
    - Bini si nan dek lai tantu iyo. Kok indak cigin lo mah