Toko Taki
Menu Click to open Menus
Home » Utama » Uang Kuliah Hanya Rp500 Ribu

Uang Kuliah Hanya Rp500 Ribu

(299 Views) May 1, 2013 8:42 am | Published by | No comment

 BERLAKU 2013

PADANG – Uang kuliah murah, bukan lagi sekadar mimpi, bahkan tak ada uang pangkal atau pembangunan. Mahasiswa baru hanya perlu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) saja.
Di Unand dan UNP, UKT mulai Rp500 ribu per semester. Ini untuk semua jurusan, termasuk jurusan yang paling mahal, kedokteran. UKT ini kebijakan baru Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Rencananya diterapkan mulai semester baru Juli 2013. Selama ini uang kuliah jutaan rupiah per smester.
“UKT ini nilainya beragam. Mahasiswa bayar sesuai kemampuan ekonomi keluarga,” ujar Pembantu Rektor Unand, Herri, Selasa (30/4).
Di semua PTN UKT dibagi lima kategori. Mulai dari yang termurah hingga termahal. Di Unand mulai Rp500 ribu sampai Rp12 juta per semester. Di UNP mulai Rp500 ribu hingga Rp4 juta. Itu berlaku untuk semua jurusan.
Saat pendaftaran mahasiswa baru, data mahasiswa akan dicek. Lalu diklasifikasikan sesuai kemampuan ekonomi keluarganya agar bisa ditentukan berapa besar UKT yang harus dibayar. Mulai awal kuliah UKT ini tetap jumlahnya. Tak akan naik sepeserpun sampai mahasiswa wisuda.
“Unand sudah mengajukan usulan UKT ini. UNP juga. Sekarang kami sama-sama sedang menunggu keputusan resmi dari Dikti saja,” ujar Herri lagi.
Rektor UNP, Prof. Yanuar Kiram mengaku senang dengan kebijakan UKT ini. Kata dia seharusnya kebijakan ini ada sejak lama. Iba hatinya tiap kali mendengar dan melihat ada calon mahasiswa yang tak kuliah karena tak ada biaya. Pun juga ada mahasiswa yang punya bakat berkuliah di jurusan tertentu tapi urung karena mahalnya uang pangkal, seperti kedokteran.
“Saya senang sekali ada UKT ini. Calon mahasiswa tentu juga senang. Sekarang tinggal mereka berusaha maksimal agar lolos di PTN,” kata Yanuar.
Sistem UKT ini mirip subsidi silang. Mahasiswa di satu jurusan UKT-nya bisa berbeda-beda. Ada yang bayar paling rendah Rp500 ribu. Ada yang paling mahal. Jadi, mahasiswa tak ada yang diberatkan.
“Mahal dan murah itu kan relatif bagi tiap orang. Kalau orang kaya Rp4 juta itu tak mahal. Tapi kalau orang menengah ke bawah, mencekik sekali,” ujarnya.
Herri menambahkan, sistem itu nanti akan sangat memudahkan bagi mahasiswa kedokteran. Selama ini diakui kuliah di kedokteran yang paling mahal. Uang masuk bisa puluhan juta. Sekarang biaya masuk tak ada lagi.
“Sudah ditotal dalam UKT lalu dibagi per semester. Bayarnya sesuai kemampuan ekonomi. Pokoknya tak lagi sulit,” ujarnya.
Pengamat pendidikan Sumbar, Prof. Suparno mengatakan, kebijakan pro calon mahasiswa miskin ini telah lama ditunggu-tunggu.
Katanya, penghapusan uang masuk atau sering disebut uang pembangunan memang seharusnya dilakukan sejak lama.
“Biasanya yang memberatkan calon mahasiswa itu bukan SPP, tapi uang masuk atau uang pembangunan. Karena uang pembangunan mahal mereka terpaksa tak kuliah,” katanya.
Biasanya di tiap PTN uang masuk ini berbeda-beda. Semakin bergengsi PTN, maka semakin tinggi pula uang masuknya. Jika uang pangkal ini dihapus, gerbang PTN akan terbuka lebar untuk semua mahasiswa. (403)

Categorised in:

No comment for Uang Kuliah Hanya Rp500 Ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>