Unggul Jumlah Pemain, SPFC Gagal Petik Hasil Maksimal

Sriwijaya FC vs SPFC (net)
Sriwijaya FC vs SPFC (net)

PADANG – Derby Andalas jilid II Torabika Soccer Championship (TSC) antara Sriwijaya FC (SFC) versus Semen Padang FC (SPFC) berakhir imbang, 1-1, Jumat (4/11) malam di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumsel.

Hasil itu, mengagalkan tuan rumah Laskar Wong Kito membalaskan dendam kepada Kabau Sirah dimana pada pertemuan pertama 15 Juli lalu yang dimenangkan Kabau Sirah 2-1 di Stadion H. Agus Salim, Padang.

Hanya saja, pasukan Nilmaizar tidak mampu memanfaatkan kelebihan pemainnya dalam duel yang dipimpin wasit Musthopa Umarella itu. Anak asuh Widodo Cahyono Putro semenjak menit 22 sudah harus bermain dengan 10 pemain setelah dikartumerahkannya Ngurah Nanak akibat menganjal keras Riko Simanjuntak.

Tim tamu, Semen Padang FC lebih dulu membuat kubu tuan rumah terdiam di menit 17 setelah sontekan kaki kanan Rudi dalam kotak penalti setelah mendapat umpan sakali setuhan dari Nur Iskandar merobek jala gawang Teja Paku Alam.

Namun walau bermain dengan 10 pemain serangan bertubi-tubi pasukan Widodo Cahyono Putro akhirnya berbuah gol penyeimbang. Akibat kesalah fatal bek kiri, Novan Setya Sasongko di menit 44 yang melanggar Firman Utina dalam kotak terlarang.

Wasit Musthopa Umarella menunjuk titik putih sekaligus menghadiahi kartu kuning kepada Novan. Eksekusi sepakan Alberto Goncalves mengecoh Jandia. Skor pun imbang 1-1 di 45 menit pertama.

Di babak kedua permainan cepat terus diperagakan Nur Iskandar cs. Kubu Supardi Nasir dkk hanya lebih banyak mengandalkan serangan balik dengan menampatkan Beto Goncalves di depan.

Sebetulnya Kabau Sirah bisa menambah keunggulan. Sedikitnya dua peluang gagal dikonversikan menjadi gol. Dua peluang bagus itu dari Marcel Silva Sacramento dan sontekan Irsyad Maulana.

Kemudian di babak kedua sedikitnya tiga dua peluang dari sepakan vendry Mofu dan dua dari Marcel Sacramento yang terlambat menyambut umpan silang Irsyad dan Mofu.

Upaya kedua juru taktik menambah pemain segar agar bisa menambah gol hingga wasit Musthopa Umarella meniup panjang peluit tanda laga bubaran tidak kunjung datang. Papan skor 1-1 tidak berubah.

Dengan tambahan satu angka bagi Semen Padang FC maka naik satu tingkat ke posisi tujuh klasemen sementara. Laga berikutnya pasukan Nilmaizar akan menjamu Pusamania Borneo FC di Stadion H. Agus Salim Padang pada 11 November mendatang. (dede)