Untuk Pelaksana Tugas Walikota, Gubernur Ajukan Sembilan Nama 

Gubernur Irwan Prayitno (net)

PADANG – Gubernur Irwan Prayitno ajukan sembilan nama pejabat tinggi pratama (eselon II) ke Kemendagri untuk menjabat pelaksana tugas (Plt) walikota pada tiga daerah yang akan menghelat Pilkada. Dari sembilan nama tersebut, akan ditunjuk tiga nama dan ditetapkan oleh Mendagri.

Dikatakannya, dari empat kota yang mengikuti Pilkada tahun ini, hanya Kota Pariaman yang tidak akan dipimpin oleh Plt. Sebab, walikota saat ini Mukhlis Rahman, tidak ikut mencalon dalam Pilkada, karena telah dua periode menjabat kepala daerah.

“Jadi masing-masing kota kami ajukan tiga nama, masing-masing untuk Kota Padang, Padang Panjang, dan Sawahlunto. Sedangkan Pariaman tidak diajukan karena wakonya sudah dua kali menjabat, dan tidak bisa maju lagi,” kata Irwan, di Auditorium Gubernuran, Rabu (17/) .

Kepastian pengajuan sembilan nama tersebut, dilakukan setelah proses pendaftaran dan verifikasi pendaftaran calon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) berakhir pada 15 Januari lalu.

Irwan juga menjelaskan, sebagaimana aturan yang berlaku, sembilan nama dimaksud seluruhnya berasal dari lingkungan Pemprov Sumbar. Namun, ia tidak bisa mengungkap siapa saja sembilan orang yang diajukan tersebut.

Dihubungi terpisah, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Iqbal Rama Dipayana menerangkan, di antara sembilan nama tersebut, beberapa di antaranya pernah mengemban tugas Plt kepala daerah pada pilkada-pilkada sebelumnya.

“Untuk nama-namanya, dengan berbagai pertimbangan kami tidak bisa menyampaikan. Yang jelas, sembilan nama tersebut sudah melalui kajian sepatutnya oleh gubernur, dan semuanya pejabat eselon II. Sesuai aturan. Nanti setelah ditetapkan satu nama, yang terpilih akan menjabat sampai 24 Juni tahun ini,” kata Iqbal. (yose)