Usai Lebaran Bupati Solsel Lantik Pejabat Pemerintahan Nagari

Bupati Solsel Muzni Zakaria. (antara)
Bupati Solsel Muzni Zakaria. (antara)

PADANG ARO – Pemerintah Kabupaten  Solok Selatan bakal lantik pelaksana tugas  (Plt) delapan pejabat walinagari, usai Idul Fitri. Delapan pelaksana tugas walinagari tersebut untuk Pemerintahan Nagari Lubuk Gadang Tenggara, Lubuk Gadang Barat dan Lubuk Gadang Barat Daya di Kecamatan Sangir.

Sedangkan untuk Kecamatan KPGD tercatat pejabat yang akan menempati posnya di Nagari Sungai Aro Pakan Rabaa, Balun Pakan Rabaa, Pakan Rabaa Selatan dan Pakan Rabaa Utara Duo. Sedangkan untuk Kecamatan Pauh Duo tercatat satu pejabat yang akan menduduki posisi Nagari Pekonina Alam Pauh Duo.

Menurut Kadis Sos. Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Basrial didampingi Kabid Pemerintahan Nagari Ali Afrionel, saat ini tengah menunggu register delapan  nagari persiapan dari Pemerintahan Provinsi Sumbar.

Menurut Ali Afrionel, penetapan Perda untuk pemekaran nagari melalui tahapan yang tengah dilakukan.  Artinya, untuk nagari persiapan cukup dengan Peraturan Bupati saja dulu. Setelah berjalan paling cepat satu tahun nagari persiapan ini barulah dilantik pejabat wali nagari persiapan. Setelah itu barulah diajukan Rancangan Peraturan Daerah Nagari Defenitif .

Setelah ditetapkannya delapan nagari pemekaran ini, maka ada 47 nagari di kabupaten yang berjuluk Nagari Seribu Rumah Gadang. Diharapkan tentu akan membawa banyak perubahan pula untuk kebaikan masyarakat di bidang pelayanan umum dan peningkatan perekonomian masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan.  (af)