Usai Serang Gaza Jet Tempur Israel Jatuh, Pilot Tewas

F16 Israel. (okezone)
F16 Israel. (okezone)

YERUSALEM – Sebuah pesawat tempur F-16 milik angkatan udara (AU) Israel jatuh saat kembali ke pangkalan usai melakukan serangan udara di Jalur Gaza. Jet tempur buatan Amerika Serikat (AS) itu terbakar dan menghantam bumi di dekat Pangkalan Udara Ramon di selatan Israel.

Diwartakan Anadolu, Kamis, (6/10/2016), pilot pesawat tersebut tewas saat melontarkan diri dari kokpit, sedangkan navigatornya berhasil selamat dengan mengalami luka-luka ringan. Korban tewas diidentifikasi sebagai Mayor Ohad Cohen Nov, pilot berusia 34 tahun yang baru saja ditunjuk sebagai wakil komandan skuadron AU Israel.

Keterangan dari AU Israel menyebutkan, pesawat berjenis F-16I tersebut baru saja kembali setelah melakukan serangan terhadap beberapa posisi di Gaza untuk membalas tembakan roket yang menghantam Kota Sderot.

Pesawat tersebut terbakar saat akan mendarat memaksa kedua awaknya untuk melontarkan diri. Penyebab kebakaran belum diketahui. F-16I “Storm” adalah jet tempur yang dibuat khusus oleh perusahaan AS Lockheed Martin untuk Israel.

Pesawat tersebut telah digunakan oleh AU Israel selama setidaknya 10 tahun. Insiden ini merupakan kecelakaan pertama F-16I sejak 2010 saat pesawat tersebut jatuh dalam latihan dan menewaskan pilot serta navigatornya. (lek)

agregasi okezone1