Toko Taki
Menu Click to open Menus
Toko Taki
Home » Utama » Waduk Batang Kuranji Sama dengan Membuat Bencana

Waduk Batang Kuranji Sama dengan Membuat Bencana

(55 Views) September 15, 2012 9:20 am | Published by | No comment

PADANG – Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU, Moh. Hasan menilai tidak akan bisa dibangun waduk di hulu Batang Kuranji. Karena status hutan lindung, daerah tersebut juga termasuk dalam patahan semangka Bukit Barisan.
“Ah, ndak mungkin. Kita bisa membuat bencana sendiri untuk warga Kota Padang. Jika kita buat waduk, nanti sedikit saja pergeseran tanah, airnya bisa tumpah ke bawah dan ancamannya akan jauh besar dibandingkan banjir bandang sekarang,” kata Moh. Hasan saat mendapatkan informasi dari Kepala Dinas PSDA Sumbar, Ali Musri saat rapat dengan Gubernur Irwan Prayitno Kamis (13/9) malam.
Hal yang sama juga dikatakan Gubernur Irwan, tak mungkin dibuat waduk atau embung di daerah hulu Batang Kuranji. Selain dampaknya terhadap masyarakat, lebih parah lahannya juga berada di hutan lindung.
“Bagaimana mau membangunnya, jalan saja tidak ada. Apalagi di sana itu ada jalur patahan semangka Bukit Barisan. Ketika gempa terjadi, airnya akan tumpah. Maka akan lebih besar lagi banjir bandangnya. Kalau begitu, kita sendiri yang membunuh warga kita,” ujarnya.
Untuk itu solusinya yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah, dengan mengirim tim penelitian ke hulu sungai. Jika ada spot embung, maka embung itu akan dialirkan. Jika ada material yang menyumbat aliran Batang Kuranji akan dibersihkan.
Hal itu disampaikannya terkait dengan rencana Pemko Padang yang mengajukan pembangunan waduk ke Dirjen SDA Kementerian PU. Waduk itu dibangun di dihulu Batang Kuranji.
Sebelumnya, Walikota Padang menegaskan salah satu solusi menghindarkan banjir bandang adalah dengan mem bangun waduk di daerah hulu.
Dalam rencananya, waduk itu tidak hanya mengantisipasi banjir bandang, tapi juga bisa cadangan air untuk PDAM, perikanan dan tempat wisata. Selain itu fungsi utamanya adalah untuk irigasi.
Relokasi
Terkait dengan keinginan pemerintah untuk merelokasi kata gubernur jelas membutuhkan lahan. Sementara untuk mencari ganti lahan di Kota Padang sangat sulit. Oleh karena itu solusi akan sangat kecil kemungkinan akan dilaksanakan.
“Kita mau saja merelokasi, tapi apakah Pemko mau men cari tempat untuk relokasi. Membebaskan tanah sekarang itu sulit sekali,” ujarnya.
Begitu juga dengan solusi membangun chek dam di sepanjang Batang Kuranji juga akan sulit. Kendala terberatnya adalah pembebasan lahan yang sangat sulit di Kota Padang. (401)

Categorised in:

No comment for Waduk Batang Kuranji Sama dengan Membuat Bencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>