Wagub Apresiasi Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang Solsel

Wagub Sumbar Nasrul Abit didampingi Wabup. H. Abdul Rahman, Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan  serta rombongan lainnya, menyusuri kawasan nagari Seribu Rumah Gadang (SRG). (afrizal amir)
Wagub Sumbar Nasrul Abit didampingi Wabup. H. Abdul Rahman, Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan  serta rombongan lainnya, menyusuri kawasan nagari Seribu Rumah Gadang (SRG). (afrizal amir)

PADANG ARO – Mengisi kunjungan ke kabupaten berjuluk Nagari Seribu Rumah Gadang selama dua hari pada kegiatan Safari Ramadhan 1438 H, Wakil Gubernur Sumbar H. Nasrul Abit bersama Tim Safari Ramadhan (TSR) menyempatkan diri bersilahtuhrahmi dengan masyarakat di beberapa lokasi objek wisata di Solok Selatan.

Kunjungan Nasrul Abit, Sabtu (17/6), didampingi Wakil Bupati H. Abdul Rahman, Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan, Sekdakab. Solsel H. Yulian Efi, Kadis Pariwisata Solsel Budiman, Kabag Humas Firdaus Firman serta beberapa orang pimpinan OPD.

Di kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu, Nasrul Abit dan lainnya, berjalan kaki melihat satu persatu deretan rumah gadang.

Selain kagum, Nasrul Abit juga mengapresiasi kekompakan masyarakat yang masih bisa mempertahankan budaya daerah tanpa meninggalkan kemajuan zaman.

Wakil Bupati menyampaikan, Pemkab Solsel telah menganggarkan untuk pembangunan menara pandang. Selesainya bangunan ini nanti, maka puncak-puncak atap rumah gadang yang ada di kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang ini, dapat terlihat dari menara pandang.

“Selain itu dari menara ini nanti juga akan dapat melihat banyaknya rumah gadang di sini,” ungkap Wabup.

Nasrul Abit siap mendukung dan mengapresiasi perjuangan masyarakat bersama Pemkab untuk memajukan pariwisata. Ke depan dengan pembangunan pariwisata ini akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Wagub berpesan agar rencana tersebut cepat direalisasikan.

Ia berharap, Pemkab Solsel dapat menata dengan baik landscape dari gua batu kapal, termasuk juga penataan tempat masyarakat berjualan agar tidak mengganggu keindahan dari gua tersebut. (Af)