Berita Singgalang | Daerah, Pessel

Walinagari Diminta Lunasi Pembayaran Raskin

Tanggal 07 May 2013

PAINAN — Sejumlah walingari yang maju sebagai calon legisilatif (caleg) Pemilu 2014 diminta melunasi pembayaran raskin. Sebab, lancar ti daknya pendistribusian raskin sangat tergantung dari pengembalian harga beras yang disalurkan kepada penerima manfaat yaitu  Rumah Tangga Sasaran (RTS).

‘’Agar pendistribusian Raskin berjalan lancar dan sesuai kuota, maka wali nagari diminta segera me nuntaskan tunggakan pem bayaran yang sudah berlalu,’’ tegas Kepala Bagian Per ekonomian Sekdakab Pessel, Dalipal baru-baru ini.
Menurutnya, penuntasan tunggakan Raskin lebih dite kankan kepada walinagari yang ikut jadi caleg. Soalnya, walinagari yang ikut caleg harus melepas jabatan. Lalu, Pemkab menunjuk pejabat pelaksana tugas.
Sejauh ini, masih ada wa linagari yang belum menun taskan tunggakan pemba yaran raskin, termasuk be berapa walinagari yang ikut menjadi caleg. Kondisi ter sebut bisa mengganggu kelan caran pendistribusian raskin pada bulan berikutnya.
Ditegaskan, kelancaran pendistribusian raskin ke pada masyarakat yang ber hak harus tercapai sesuai kuota yang diharapkan. Se mua itu hanya bisa tercapai bila tunggakan pembayaran nya tidak tersendat di tangan walinagari.
Pembayaran tunggakan raskin oleh masing-masing walinagari memiliki penga ruh terhadap pendistribusian sesuai kuota. Ketegasan ini bukan saja disampaikan kepa da walinagari yang ikut seba gai caleg, tetapi berlaku pada semua walinagari.
Terkait dengan walinagari ikut mencaleg dan masih belum menuntaskan tungga kan raskin, Pemkab memang menegaskan agar di saat serah terima jabatan, tung gakan itu dituntaskan.
Ketegasan itu sengaja di sampaikan jauh-jauh hari agar persoalan tunggakan tidak menghambat kelan caran pendistribusian Raskin di wilayah masing-masing. Dari laporan sementara, di kabupaten ini terdapat se kitar 20 walinagari yang ikut mencaleg.
Ia menambahkan, 2013 alokasi raskin sebanyak 328. 425 kilogram per bulan. Alokasi itu ditujukan kepada 24.298 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 15 kecamatan. ‘’Bila pembayaran pada masing-masing keca matan dan nagari tersendat, tentu penyaluran sesuai kuo ta ikut terganggu,’’ ucap Dalipal. (214)

Leave a Reply

 
Advertise Here
Advertise Here

Pojok

  • + Gubernur Riau bacaruik pungkang
    - Raso tagak di balai kami pak gubernur
    + Band Bimz ingin langit biru di Riau
    - Ijau buliah langik tu, gubernur se pacaruik