Wapres akan Tutup PON, Sumbar Masuk 10 Besar

BANDUNG –  Pemutakhiran data perolehan medali PON XIX Jawa Barat sangat lambat. Hingga Senin (26/9) Sumbar masih ditempatkan pada urutan ke-12 dari 34 provinsi yang ikut serta dalam pekan olahraga empat tahunan tersebut.

Padahal, Sumbar sudah berada di sepuluh besar perolehan medali terbanyak. Sumbar telah mengoleksi sepuluh emas, tujuh perak dan 14 perunggu. Sementara yang tertera di website, baru sembilan emas, sembilan perak dan 11  perunggu.

Sepuluh emas berasal dari, atletik, silat, dan gantole. Ketiga cabang tersebut masing-masing menyumbangkan dua emas. Emas lain disumbangkan  boling, gulat, binaraga dan taekwondo.

Plt. Ketua KONI Sumbar, Syaiful menyebutkan, masih ada peluang emas dari sejumlah cabang. “Intinya, atlet bekerja keras dan jangan menyerah,” kata dia.

Pekan Olahraga Nasional  akan berakhir dan ditutup Wapres Jusuf Kalla. Gubernur Jawa Barat yang juga Ketua Umum PB PON XIX dan Peparnas XV Ahmad Heryawan mengatakan, Wakil Presiden M Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri penutupan  di Stadion Utama Gelora Bandung Lautan Api,  Kamis (29/9).

Aher mengusulkan kepada bagian acara PB PON agar menampilkan lagu Kebyar-Kebyar ciptaan Gombloh saat penutupan. (edwardi)