Toko Taki
Menu Click to open Menus
Home » Utama » Warga Keluhkan RSBI

Warga Keluhkan RSBI

(13 Views) August 13, 2012 9:51 am | Published by | No comment

Padang, Singgalang
Keberadaan Sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) kembali menuai kritik. Mahalnya biaya masuk dan tingginya standar nilai yang disyaratkan, dianggap menciptakan kastanisasi di dunia pendidikan.
Terlebih lagi, jika RSBI tersebut merupakan satu-satunya sekolah menengah atas yang ada sebuah daerah, seperti di Lubuk Alung, Padang Pariaman. Akibatnya, banyak anak-anak tamatan sekolah menengah pertama yang kesulitan melanjutkan pendidikan mereka.
“Di sini (Lubuk Alung-red), SMP ada enam, tapi SMA cuma satu, itupun RSBI. Jadi sebagian besar anak kami harus melanjutkan sekolah ke daerah lain, karena RSBI tidak mengakomodir mereka,” sebut salah seorang warga, Alrefinus Dt Sarian.
Hal tersebut diungkapkannya kepada anggota Komisi II DPRD Sumbar, Dedi Edwar, yang melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Lubuk Alung, Jumat (10/8).
Menurut Alrefinus, sudah saatnya pemerintah membuatkan SMA yang baru bagi warganya. Agar, setiap anak bisa menikmati bangku pendidikan.
“Sejak diubahnya SMA 1 menjadi RSBI, sebenarnya kami sudah membuat satu SMA lagi. Sekarang ini sudah mencapai sembilan lokal. Tapi ruang belajarnya belum ada. Selama ini anak-anak terse but menumpang di bangunan SD,” terangnya.
Dedi Edwar mengaku setuju dengan permintaan masyarakat. Bahkan pihaknya telah menganggarkan dana untuk pembangunan sekolah tersebut. Tapi, hal itu masih terkendala karena areal jalan belum bebas.
“Jika masyarakat serius menginginkan sekolah baru, segeralah bebaskan tanahnya. Sebab kalau pemerintah tetap membangun sekolah tapi jalan menuju ke sana belum ada, ini bisa menjadi temuan BPK, karena dianggap korupsi,” jelas Dedi.
Menanggapi kritikan tentang kastanisasi pendidikan, ia mengatakan, jika RSBI memang berupaya untuk mengklasifikasikan sekolah unggul.
“Namun tujuannya tidak lain untuk meningkatkan mutu kualitas,” ujarnya.
Sebagai contoh, kata dia, tahun lalu, 75 persen lulusan SMA RSBI Lubuk Alung diterima di perguruan tinggi di seluruh Indonesia.
Itu merupakan bukti keberhasilan RSBI dalam mendongkrak mutu pendidikan anak negeri. (402)

Categorised in:

No comment for Warga Keluhkan RSBI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>