Warga Tarusan Mengeluh, Setiap Hujan Selalu Diiringi Banjir

 

 

Anggota MPR/DPR dari Fraksi PAN H. Mhd Asli Chaidir memberikan sambutan saat  menjemput aspirasi warga bersama ASN dan walinagari di kantor Camat Tarusan, Selasa (25/7). (ist)
Anggota MPR/DPR dari Fraksi PAN H. Mhd Asli Chaidir memberikan sambutan saat  menjemput aspirasi warga bersama ASN dan walinagari di kantor Camat Tarusan, Selasa (25/7). (ist)

PAINAN – Warga Nagari Duku Utara, Kenagarian Tarusan, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan mengeluh. Setiap hujan tiba, apalagi dalam waktu cukup lama, banjir selalu mengiringi. Selain menggenangi jalan, juga mengakibatkan macetnya pergerakan ekonomi saat itu.

“Itu yang kami alami sejak lama. Melalui pertemuan ini, kami berharap kepada pemerintah dan wakil rakyat untuk mencarikan solusi terbaiknya sehingga penderitaan kami ini berakhir sudah,” terang seorang tokoh masyarakat asal Duku Utara kepada Anggota MPR/DPR dari Fraksi PAN, H. Mhd Asli Chaidir, Selasa (25/7) di aula Kantor Camat Tarusan.

 

Warga juga berharap bedah rumah bagi masyarakat miskin dipertahankan. Bahkan kalau dapat ditingkatkan sehingga masyarakat miskin yang menempati rumah tidak layak huni berkurang.

Aspirasi lain yang mengapung adalah bantuan untuk MDA/MTQ. Sejauh ini masih banyak MDA/MTQ yang membutuhkan sentuhan pendanaan hingga kelengkapan sarana dan prasarana. Apalagi dewasa ini, pendidikan keagamaan mulai digencarkan.

Dalam acara menjemput aspirasi masyakat itu ikut mendampingi Asli antara lain, Ketua Pemuda Muhammaddiyah Sumbar Muhayatul yang juga putra setempat, Isa Kurniawan (Wasekjen PAN Sumbar) dan lainnya. Ikut mendampingi Camat setempat Gusdan Yuwelmi.

Asli dalam kesempatan itu memahami apa yang dikeluhkan warga. Dia pun akan memperjuangkan aspirasi warga itu sesuai dengan kewenangan yang dimiliki serta sumber pendanaan.

“Ada yang menjadi tanggung jawab pusat, provinsi maupun kabupaten/kota dan bila dikoordinasikan secara intens, maka persoalan yang dialami masyarakat bisa diminimalkan atau kalau bisa dikurangi,” kata mantan Ketua PAN Sumbar dua periode ini.

Anggota Komisi VIII ini juga menjelaskan, banyak program-program kemasyarakatan yang dikelola oleh mitra komisi yang bisa dikelola  oleh masyarakat. Mitra Komisi VIII antara lain Kementerian Sosial, Agama, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Khusus di Kementerian Agama, program pengembangan MTsN dan perawatan pesantren. “Buatlah proposalnya, nanti kita dorong untuk mendapatkan bantuan,” ujar Asli. (pen)