Waspada, Debu di Bawah Kasur Bisa Saja Beracun!

 

SEBAGIAN besar dari kita peduli dengan debu yang menumpuk di bawah perabotan rumah. Padahal kebanyakan tumpukan debu bisa meracuni kita karena mengandung bahan kimia berbahaya, menurut meta-analisis baru yang diterbitkan di jurnal Environmental Science and Technology.

Partikel yang paling dikhawatirkan adalah phthalates. Ini dianggap paling berbahaya karena dapat mempengaruhi hormon dan mengganggu sistem reproduksi. Mereka dapat ditemukan dalam berbagai produk, termasuk deterjen, sampo, kosmetik, dan wallpaper ruangan. Bahan kimia dengan fluorin tinggi yang dapat ditemukan dalam peralatan masak, karpet, dan beberapa pakaian bisa berkontribusi pada gangguan organ.

Ini termasuk masalah ginjal, kanker testis, dan ketidakseimbangan hormon.

“Keragaman bahan kimia yang digunakan dalam produk sehari-hari bisa masuk ke dalam ruangan dan memengaruhi kelompok masyarakat yang paling rentan, seperti anak-anak. Karena ini, lingkungan dalam ruangan adalah sumber bahan kimia yang dapat mengganggu reproduksi dan menimbulkan penumpukan racun yang sebabkan gangguan endokrin, kanker, dan efek kesehatan lainnya,” tulis jurnal tersebut.

Para peneliti pun meminta produsen untuk berhenti menggunakan bahan kimia ini dalam produk mereka, karena efeknya melampaui penggunaan produk itu sendiri. Untuk saat ini, Anda dapat memeriksa label pada produk rumah tangga yang Anda membeli untuk menghindari bahan kimia berbahaya. Demikian seperti dilansir dari Glamour, Senin (19/9). (lek)

agregasi okezone1