X-Fuera Tutup Karir di Yamaha dengan Juarai GP Valencia

Jorge Lorenzo (net)
Jorge Lorenzo (net)

VALENCIA – Jorge Lorenzo menutup karier bersama Tim Movistar Yamaha dengan manis. X-Fuera –julukan Lorenzo– berhasil menjadi kampiun di seri pamungkas MotoGP 2016 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (13/11) malam WIB.

Setelah melewati 30 lap, Lorenzo meraih catatan waktu terbaik 45 menit dan 54 detik. Sementara itu, posisi dua dan tiga ditempati Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Iannone (Ducati Corse). Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi tiga harus rela finis di tangga keempat.

Jorge Lorenzo memulai start dengan baik. Start dari pole position sanggup mempertahankan posisinya usai melewati lap pertama. Selepas melewati lag pertama, Andrea Iannone (Ducati Corse) yang start dari posisi tujuh menyodok ke posisi dua, diikuti Maverick Vinales di tangga ketiga. Sementara itu Valentino Rossi dan Marc Marquez membuntuti di posisi empat dan lima.

Posisi lima besar tidak banyak berubah, setidaknya hingga empat lap awal. Baru pada lap kelima, The Doctor –julukan Rossi– berhasil melewati Vinales untuk merebut posisi ketiga. Berselang satu lap, giliran Marquez yang melewati Top Gun –julukan Vinales.

Setelah konsisten menduduki posisi dua, Maniac Joe –sapaan akrab Iannone– akhirnya dilewati Rossi pada lap tujuh. Setelah momen tersebut, Rossi, Iannone, Marquez dan Vinales saling membalap untuk berebut posisi dua.

Di saat Marquez, Rossi dan Iannone berebut posisi dua, Lorenzo benar-benar digdaya di balapan ini. Hingga melewati 23 dari 30 lap yang direncanakan, Lorenzo unggul empat detik dari Baby Alien –julukan Marquez– yang menduduki posisi dua.

Namun, jelang akhir balapan Marquez mulai menggila. Setelah sempat tertinggal empat detik, Marquez hanya terpaut dua detik dari Lorenzo saat balapan menyisakan dua lap. Bahkan keunggulan tinggal satu detik di lap terakhir.

Akan tetapi, ketenangan Lorenzo mengalahkan segalanya. Pembalap berusia 29 tahun berhasil menjadi kampiun GP Valencia, sekaligus menutup karier di Yamaha dengan manis.

Pada MotoGP 2017, pembalap berpaspor Spanyol akan bergabung bersama pabrikan asal Italia, Ducati. (aci)

agregasi okezone1