Toko Taki
Menu Click to open Menus
Home » Padang » Yultekhnil Motivasi Siswa SMA 2

Yultekhnil Motivasi Siswa SMA 2

(12 Views) April 9, 2013 8:15 am | Published by | No comment

PADANG – SMA Negeri 2 Padang punya cara jitu untuk memotivasi siswa giat belajar. Terutama siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN), tak lama lagi. Akan halnya mengundang para alumni yang ‘hebat dan sukses’ untuk memberikan motivasi.
Kali ini, Ketua DPRD Sumbar, Yultekhnil yang memotivasi siswa saat menjadi pembina upacara, Senin (8/4). Kalimat-kalimat yang ia lontarkan acap disambut riuhnya tepuk tangan siswa. Para siswa bersemangat saat ia bercerita tentang kejayaan SMAN 2 Padang pada era 1980-an. Saat ia masih berstatus siswa di sekolah itu.
“Saat itu, SMAN 2 Padang jadi juara di berbagai bidang. Bidang akademik, olahraga. Sepakbola dan bola basket kami juaranya di Padang ini. Pokoknya waktu itu rasanya bangga sekali jadi siswa SMAN 2,” kata Yultekhnil yang bersekolah di sekolah ini angkatan 1982.
Mendengar itu, para siswa pun kembali bertepuk tangan dan bersorak gembira. “Soal akademik pun, SMAN kita ini dulu hebat lho!” kata dia.
Dulu SMAN 2 Padang menjadi SMAN terbaik. “Sekarang cuma nomor 3 di Kota Padang. Jadi anak-anak berjuang keraslah agar SMAN kita ini jadi yang terbaik lagi. Kalau perlu jadi yang terbaik se-Sumbar,” ujarnya.
Dia berharap para siswa bisa maksimal memanfaatkan waktu untuk belajar dan menjadi orang hebat di kemudian hari. “Alumni SMA 1 sudah ada yang jadi gubernur, yakni Gamawan Fauzi, SMA 3 punya Irwan Prayitno. Kita belum ada, jadi berpaculah paling tidak untuk jadi gubernur,” kata Yulteknil sedikit bercanda.
Tapi, kata dia, alumni SMAN 2 Padang juga hebat-hebat. Seperti Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudyaan, Musliar Kasim dan sederet nama pejabat daerah seperti Desri Ayunda, Firdaus Ilyas, Michel El Qudsi, Is Prima Nanda, Helmi Darlis, Darizal Basir dan banyak lagi.
Kepala SMA 2 Padang, Habibul Fuadi, menyebutkan, alumni yang hebat-hebat inilah yang akan diundang bergiliran memberikan motivasi. “Juga jadi bukti dan contoh nyata agar para siswa bersemangat untuk juga jadi orang hebat,” ujarnya.
Hasilnya terlihat, siswa SMAN 2 Padang ada yang berprestasi hingga ke tingkat internasional. Bertahun ta hun terakhir siswanya pun selalu lulus 100 persen dalam UN.
Selain itu, banyak pula cara lain untuk meningkatkan prestasi. Mulai dari kelas tambahan untuk persiapan siswa yang akan UN, cara belajar yang mengundang siswa untuk aktif dan juga berbagai minat bakat.
Soal minat dan bakat ini, Yultekhnil berharap sekolah mendukung optimal. Kata dia, siswa sekarang banyak kurang berkreasi di minat dan bakat karena jam pelajaran yang banyak dan target-target akademik yang juga banyak. “Minat dan bakat itu bukan membuat siswa lalai. Tapi juga sebagai pemacu dan penyeimbang agar prestasi akademik mereka meningkat,” ujarnya. (403)

Categorised in:

No comment for Yultekhnil Motivasi Siswa SMA 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>