Zumi Zola: Saya Tak Terlibat Mengarahkan Pejabat Memuluskan APBD 2018

Gubernur Jambi Zumi Zola (antara)

BOGOR – Gubernur Jambi Zumi Zola memastikan, proses penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jambi 2018 telah sesuai dengan prosedur. Ia pun membantah terlibat dalam mengarahkan para pejabat untuk memuluskan APBD 2018 bersama DPRD.

“Saya, yang setahu saya perintahnya apapun itu lakukan sesuai dengan prosedur. Itu juga sudah ada statement dari Sekda ya, mengatakan tidak ada terlibat dan juga saya tidak terlibat dan juga tersangka yang di sana,” kata Zumi Zola di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12).

Zumi Zola mengatakan, telah melakukan semua tata cara kerja sesuai dengan prosedur yang berlaku. Apalagi, selama ini Pemprov Jambi memang memfasilitasi apabila anggota DPRD yang memberikan masukan mengenai program kerja di setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD).

“Perintah saya itu adalah memastikan semua program-program janji politik, RPJMD, visi dan misi harus ada. Karena setiap tahun itu ada target-targetnya ya saya memastikan itu. Saya memfasilitasi pokok pikiran dari teman-teman. Kita fasilitasi tapi kalau sudah menyalahi aturan tidak bisa,” ucapnya.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan empat orang tersangka dalam kasus pengesahan APBD Jambi 2018. Mereka adalah anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekretaris Daerah Jambi Erwan, Plt Kadis PUPR Arfan, dan Asisten Daerah III Syaifuddin. (aci)