Tak Berkategori  

1.672 Pelajar se-Indonesia Ikuti OSN di Padang

OSN di Padang (ist)
OSN di Padang (ist)

PADANG – Mulai besok, Senin (2/7) setidaknya 1.672 pelajar se-Indonesia berkumpul di Padang, guna mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Mereka berasal dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah menengah Atas (SMA).

Ajang ini memperebutkan 420 medali, terdiri sari 70 emas, 140 perak dan 210 perunggu. Yang dilombakan, untuk SD matematika dan IPA, SMP matematika, IPA dan IPS. Sedang SMA fisika, kimia, biologi, astronomi, informatika, ilmu kebumian, matematika, geografi dan ekonomi.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Purwadi Sutanto mengatakan pihaknya menetapkan Sumatera Barat sebagai tuan rumah pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dilaksanakan pada 1 hingga 7 Juli 2018.

“Pelaksanaan OSN 2018 ini hendaknya memberikan motivasi bagi Sumbar baik sebagai penyelenggara maupun prestasi yang diraih nantinya,” kata dia saat memberikan keterangan pers di Padang, Minggu (1/7).

Menurut dia iven OSN 2018 ini akan diikuti perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia dengan jumlah kontingen sebanyak 1.672 orang.

Purwadi menambahkan untuk jenjang SMA ada sembilan mata pelajaran yang diperlombakan yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Ekonomi, Kebumian, Astronomi dan Komputer. Setiap mata pelajaran yang dilombakan masing-masing akan diikuti 85 orang.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman mengatakan pihaknya telah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah dan peserta OSN 2018 ini. Sebagai penyelenggara pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan ini.

Untuk peserta dari Sumatera Barat pihaknya mengirimkan 40 siswa yang memiliki kemampuan di atas standar OSN, jumlah ini bertambah dari kontingen Sumbar di OSN 2017 di Pekanbaru yakni 24 siswa yang berhasil membawa sembilan medali yakni satu emas, satu perak dan tujuh medali perunggu. (mbang)