oleh

10 Negara akan ikut Karnaval Songket Silungkang

SAWAHLUNTO – Sebanyak 10 negara akan ikut di Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival (SISSCa) 2019 yang akan digelar Minggu (8/9).

Negara yang ambil bagian itu, Malagasi, Vietnam, Tiongkok, Chili, Timor Leste, Kamboja, Korea Selatan, Malaysia, Singapura dan Jepang, yang semuanya berjumlah 54 orang.

Direncanakan SISSCa 2019 ini, dilepas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi dengan memukul tambur. Momentum karnaval juga akan ditandai dengan diserahkan hak paten atau sertifikat geografis Songket Silungkang dari Kementerian Hukum dan Hak azasi manusia (Kemenkumham).

Kepala Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Sawahlunto, Halomoan mengatakan, karnaval ini akan diikuti 94 tim, terdiri dari peserta luar daerah, pelajar dan umum.

Sementara itu Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengemukakan, karnaval ini bertujuan untuk mengangkat karya tenunan Songket Silungkang, sehingga punya nilai lebih secara ekonomi dan seni. Songket tidak lagi berkesan monoton, tetapi melalui kreasi disainer menjadikan Songket Silungkang makin punya nilai artistik.

“Kita juga inginkan Songket bisa pula menjadi warisan budaya tak benda. Momentum ini pula kita mengembangkan Songket Silungkang dari bahan celup alami yang melahirkan warna lembut dan harganya cenderung lebih mahal,” ujar Deri. (cong)

Loading...

Berita Terkait