Tak Berkategori  

131 Titik Api di Sumatera, Sumbar Sumbang 14 Titik

PEKANBARU – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mengungkapkan, jumlah titik panas melonjak secara drastis menjadi 131 titik di Sumatera, tersebar pada 9 provinsi dari hari sebelumnya 23 titik dengan 3 provinsi.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin di Pekanbaru, Selasa (5/7/2016), mengaku, pantauan satelit baik Terra dan Aqua mendeteksi penyebaran titik panas terjadi hampir secara merata di daratan Sumatera karena ditemukan 9 dari total 10 provinsi di pulau tersebut.

“Sebagaian besar atau dengan jumlah 49 titik panas, masih terkosentrasi di Riau. Sedangkan 82 titik lagi tersebar di 8 provinsi seperti Sumatera Utara 21 titik serta Jambi dan Sumatera Barat sama-sama menyumbang 14 titik panas,” ucapnya seperti diwartakan antara.

Dia melanjutkan, Sumatera Selatan memberi sumbangan 9 titik panas, lalu Aceh menyumbang sebanyak 7 titik, diikuti Bengkulu 3 titik dan Bangka Belitung serta Lampung sama-sama menyumbang 2 titik panas.

“Cuma Kepulauan Riau yang tidak memberi sumbangan titik panas hari ini yang mengindikasikan adanya kebakaran lahan dan hutan (karlahut) terutama pada lahan gambut,” terangnya.

Sugarin menjelaskan, sebanyak 49 titik panas di Riau tersebar pada 11 daerah dari total 12 kabupaten/kota di provinsi tersebut seperti Rokan Hilir 15 titik, Pelalawan 11 titik dan Bengkalis 7 titik. (*/lek)