Tak Berkategori  

19 Pasien Meninggal, Angka Kematian COVID-19 Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

Ilustrasi (ist)

JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Rabu (18/3) melaporkan angka kematian akibat virus corona di Indonesia telah melonjak menjadi 19, dengan total 277 kasus yang telah dikonfirmasi.

Jumlah tersebut menjadikan total angka kematian di Indonesia menjadi yang tertinggi di antara negara-negara kawasan Asia Tenggara.

Angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia melewati Filipina yang mencatat 17 korban meninggal, dan jauh di atas Malaysia yang sejauh ini baru mencatat dua kematian. Sedangkan negara Asia Tenggara lain yang juga telah mencatat adanya korban jiwa adalah Thailand dengan seorang pasien dilaporkan meninggal.

Untuk jumlah kasus yang dikonfirmasi di Kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat ketiga di belakang Malaysia (790 kasus) dan Singapura (266).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa pihaknya memprediksi akan adanya penambahan jumlah pasien positif virus corona yang signifikan dalam beberapa waktu mendatang.

“Kita sadar akan terjadi pada pasien yang cukup signifikan,” ujarnya dalam keterangan pers di gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (17/3).

Berdasarkan laporan terbaru, virus corona yang mulai menyebar di Wuhan, China pada akhir tahun lalu telah menginfeksi lebih dari 200.000 pasien dan menyebabkan sedikitnya 8.200 korban meninggal dunia. (aci)