Tak Berkategori  

2 Kilang Segera Dioperasikan, Pertamina Kurangi 30 Persen Impor Premium

Gedung Pertamina di Jakarta (net)
Gedung Pertamina di Jakarta (net)

JAKARTA – PT Pertamina akan mengurangi impor BBM jenis Premium hingga 30 persen atau sekitar 91.000 barel per hari, setelah pengoperasian dua kilang pengolahan dalam waktu dekat.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, kedua kilang tersebut adalah Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jatim dan unit “residual fluid catalytic cracking” (RFCC) di Kilang Cilacap, Jateng.

“Potensi penghematan devisa dari pengurangan 30 persen impor Premium itu mencapai 1,99 miliar dolar AS per tahun,” ungkapnya.

Saat ini, konsumsi Premium nasional berada di kisaran 29,5 juta kiloliter yang 17,1 juta kiloliter per tahun, atau sembilan juta barel per bulan di antaranya diperoleh dari impor.

Menurut Wianda, dari pengoperasian kedua kilang tersebut, Pertamina berpotensi mendapatkan tambahan produksi Premium hingga 91.000 barel per hari yang masing-masing 61.000 barel dari Kilang TPPI dan 30.000 barel dari RFCC Cilacap.

Pada awal Oktober, Kilang TPPI yang selama ini berhenti operasi, akan berproduksi 20.000 barel Premium per hari.

Selanjutnya, produksi premium Kilang TPPI Tuban akan mencapai kapasitas optimal yakni 61.000 barel per hari atau sekitar 22,27 juta barel per tahun.

“Jumlah produksi tersebut setara dengan sekitar 20 persen impor Premium selama ini,” ujarnya.(*/aci)

sumber:antara