oleh

200 Napi Lapas Narkotika Sawahlunto dapat Binaan Keterampilan

Ilustrasi (okezone)

SAWAHLUNTO – Sebanyak 200 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Sawahlunto dapat binaan ketrampilan membuat mobile, las dan bertanam jahe.

“Kita juga bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan daerah ini, ketrampilan di bidang pertanian dalam membibit jahe dan berternak ikan kolam, “kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Sawahlunto, Nasir kepada Singgalang, Selasa (19/3).

Ia mengatakan, ketrampilan itu diberikan untuk membekali narapidana kembali kepada masyarakat usai masa hukuman. Ketrampilan diberikan menjadi modal untuk hidup mandiri, sehingga tidak lagi mengulangi tindak pidana. Ketrampilan yang ada menjadi pilihan bagi setiap narapidana sesuai bakat dan keinginan.

Dikemukakan Kepala Lapas Narkotika, selain tempat menjalankan hukuman lembaga pemasyarakatan juga berperan membina narapidana. Membina, agar narapidana menyadari perbuatan tindak pidana yang sudah diperbuat. Serta membekali dengan ketrampilan sesuai sarana dan prasarana dimiliki.

Lebih jauh dikemukakannya, lahan lapas yang luas menjadi potensi bertanam jahe dan berternak ikan kolam. “Potensi ini mengajak kita bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan dalam bentuk pelatihan dua kali seminggu. Sedangkan peralatan membuat mobiler dan mesin las sudah tersedia. Tinggal bagi narapidana memilih, “ujar Nasir. (cong)

Loading...

Berita Terkait