2016, Penerbangan Pasbar-Pekanbaru Ditargetkan Dimulai

×

2016, Penerbangan Pasbar-Pekanbaru Ditargetkan Dimulai

Bagikan berita
2016, Penerbangan Pasbar-Pekanbaru Ditargetkan Dimulai
2016, Penerbangan Pasbar-Pekanbaru Ditargetkan Dimulai

[caption id="attachment_6320" align="alignnone" width="586"]Susi Air (staticflickr.com Susi Air (staticflickr.com[/caption]SIMPANG AMPEK - Pemkab Pasaman Barat akan membuka rute penerbangan dari Bandara Udara Pusako Anak Nagari Pasaman Barat menuju Pekanbaru, Riau pada 2016 mendatang.

"Kita merencanakan rute terbang pesawat Susi Air bisa ditambah pada 2016 nanti ke Pekanbaru. Saat ini baru rute Pasaman Barat-Padang," kata Plt Kepala Bandara, Eva Wardi Putra, Jumat (22/5).Pembukaan rute ke Pekanbaru itu direncanakan akan menggunakan dana APBD 2016 Pasaman Barat.

"Kita berharap anggaran rute tersebut masuk pada APBD 2016. Kita sedang mempersiapkan usulannya sehingga bisa dianggarkan nantinya," katanya.Ia menilai rute Pasaman Barat-Pekanbaru layak karena warga Pasaman Barat cukup banyak yang merantau dan memiliki usaha di Pekanbaru itu.

"Jika melalui jalur darat Pasaman Barat-Pekanbaru menempuh delapan jam perjalanan. Jika dengan pesawat nantinya hanya memakan waktu 40 menit saja," ujarnya.Ke depannya Bandara Pusako Anak Nagari Pasaman Barat harus terus dikembangkan. Sehingga nanti bandara tersebut mendarat pesawat berukuran besar.

Sesuai dengan dokumen perencanaan, untuk pelebaran dan perpanjangan runway membutuhkan dana Rp6 miliar.Sedangkan pembangunan pagar dan drainase Rp3 miliar serta untuk pembangunan menara pengawas membutuhkan dana Rp1 miliar.

"Tentunya pengembangannya aman dilakukan secara bertahap. Ke depannya diharapkan bukan hanya Susi Air saja bisa mendarat di bandara, tapi pesawat besar juga bisa," ujarnya.Saat ini penerbangan Susi Air terbang dua kali seminggu, yakni setiap hari Selasa dan Kamis. Kemudian di minggu genap satu kali seminggu di hari Selasa. (*/aci)

sumber:antara

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini