Tak Berkategori  

2018, Citilink Catat Kinerja Positif Terbangkan 15 Juta Penumpang

Pesawat Citilink (net)

JAKARTA – Maskapai berbiaya hemat (Low Cost Carriers – LCC) Citilink Indonesia berhasil mencatatkan hasil kinerja positif sepanjang tahun 2018 dengan menerbangkan 15 juta penumpang atau naik 22% dibandingkan tahun sebelumnya 12,3 juta penumpang.

“Untuk 2019, Citilink Indonesia juga optimis untuk dapat mencapai target mengangkut 18 juta penumpang hingga akhir tahun ini. Maskapai juga berhasil meningkatkan pertumbuhan volume produksinya sebesar 17 persen pada tahun 2018 jika dibandingkan 2017,” ungkap Juliandra Nurtjahjo, Direktur Utama Citilink Indonesia kepada Singgalang, Selasa (5/3).

Untuk market share diibandingkan maskapai domestik lainnya, tutur Julindra, Citilink Indonesia mencatatkan market share tertinggi kedua di kelas LCC yaitu sebesar 14,29 persen pada tahun 2018. Jumlah ini meningkat dari tahun 2017 sebesar 12,62 persen, dan di dua bulan awal 2019 dengan rata—rata tingkat keterisian penumpang (Seat Load Factor – SLF) pada setiap penerbangan lebih dari 80 persen.

Sedangkan untuk tingkat ketepatan waktu penerbangan (On Time Performance – OTP) Citilink Indonesia untuk periode Januari – Februari 2019 tercatat sebesar 91,7%. “Menurut data dari Centre for Aviation (CAPA), Citilink Indonesia merupakan maskapai LCC terbesar kedua di Indonesia dengan kekuatan armada sebanyak 61 pesawat,” ujarnya.

Citilink Indonesia, ungkapnya lagi, juga menjadi satu-satunya maskapai LCC di Indonesia yang berhasil memperoleh sertifikasi bintang 4 oleh Skytrax, lembaga pemeringkat industri aviasi internasional terkemuka.

“Sertifikasi bintang 4 adalah sertifikasi tertinggi untuk saat ini bagi LCC. Hanya 4 LCC di seluruh dunia yang berhasil memperoleh sertifikasi bintang 4 ini,” papar Julianda, seraya menyebutkan, selain Citilink, di Asia ada satu maskapai LCC China yang mempunyai sertifikasi ini, dan dua lainnya adalah maskapai LCC kelas dunia, Norwegian Air dan Easyjet dari Inggris.

Juliandra menambahkan, pada tahun 2019 Citilink telah dan terus membuka berbagai rute baru di internasional lainnya di Asia maupun domestik khususnya di secondary cities serta menambah frekuensi di rute-rute yang potensial guna mengakomodir kebutuhan dan harapan pelanggan yang ingin bepergian dengan lebih nyaman, juga cepat dan efisien. (yusman)