oleh

22 Rumah di Sawahlunto Rusak Tertimpa Pohon dan Material Longsor

SAWAHLUNTO – Sebanyak 22 rumah rusak dan 13 titik ruas jalan tertimpa longsoran karena hujan lebat yang mengguyur Sawahlunto sejak sore hingga malam, Selasa (11/6). Hujan yang lebat diiringi angin kencang mengakibatkan rumah warga ada tertimpa pohon yang rubuh. Selain itu ada juga yang terkena longsor.

“Akibat rumah tertimpa pohon tumbang dan longsoran kerugian ditaksir Rp1,5 miliar. “Sedangkan warga yang rumah mengalami rusak berat diungsikan ke tempat kerabat. Di Desa Pasar Kubang, warga diungsikan di Kantor Kerapatan Adat Nagari setempat,” kata kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sawahlunto, Adriyusman kepada Singgalang, Rabu (12/6).

Longsoran yang menimpa rumah warga terjadi di Desa Muarokalaban, Kecamatan Silungkang. Masing-masing 1 ruko dan 1 rumah kategori rusak berat. Di Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin 1 rumah rusak berat. Di Desa Pasar Kubang, Kecamatan Lembah Segar, 5 rumah rusak berat, 6 rusak sedang dan 4 rusak ringan.

Sejak dari ruas jalan Lintas Sumatera-Muarokalaban-Sawahlunto ada 5 titik longsoran. Dari Simpang Kubang –Lunto ada 8 titik longsoran. “Longsoran jalan sudah bisa atasi. Kini jalur transportasi sudah lancar dan sudah bisa dilewati,” tutur Adri Yusman.

Menurut Kepala BPBD, pemerintah kota tidak membuka dapur umum, karena warga yang rumah rusak berat di tempat kerabat dan famili. (cong)

News Feed